Oh God Why?!

“Lucu” aja.

Di hari kerja terakhir buku ijo saya akan kadaluwarsa, saya minta izin untuk ngurusin buku ijo ini. Semua dokumen sudah lengkap bersama fotokopiannya. Sudah datar secara daring pula untuk booking jadwal proses pembuatan buku itu.

Eh ternyata, di pemeriksaan pertama, saya tidak lolos. Bukan orang kalah di filter pertama apapun, sehingga ketika ini terjadi saya merasa sangat dijengkelkan. Hal kecil karena nomor RT alamat rumah saya berubah sehingga alamat di KTP tidak cocok dengan Kartu Keluarga yang sudah memasukan alamat baru. Padahal kan tinggal lihat saja tanggal penerbitan terbaru mana, ya itulah yang dijadikan data terbaru. Baiklah! Saya pulang kandang, bikin KTP baru sekalian bikin e-KTP yang pengadaannya, sama dengan pengadaan lainnya, selalu bermasalah.

Hal kedua ditanya, kenapa menggunakan Ijazah Sekolah bukan Akte Lahir. Saya bilang, kan persyaratannya Akte Lahir ATAU Ijazah. Jadi kalau saya bawa Ijazah ngga salah. Ternyata enggak bo. Dia tetep tanya Akte Lahir. Saya bilang, ada di kampung saya dokumennya. Terus kata dia, ya udah pakai Ijazah juga bisa. Saya: GOD!!!

god

Tiga bulan setelah itu, saya balik lagi. KTP sudah jadi. Ijazah saya ganti sama Akte Lahir. Tapi nyampe TKP telat karena bukti pendaftaran daring ga bisa dicetak di printer rumah karena tinta habis. Ngabisin lebih dari setengah jam sebelum berangkat. Jadi aja telat tapi masih di jam kelompok saya.

“Bapak, ini jamnya sudah telat”
“Iya Pak maaf. Jalanan macet.” Saya ga bohong. Emang jalanan di Perdatam dan Pasar Minggu mah lancarnya pas jam 3 malam dan pas libur lebaran aja. Hehe…
“Ini mau diproses ngga Pak? Coba baca bagian bawah ini!” Di bagian itu tertulis kalau melewati jam yang sudah ditentukan, pembuatan buku ijo tidak bisa diproses.
“Jadi gimana Pak?” taya saya.
“Bapak harus daftar daring lagi!”
“Emang bisa sekarang diproses, kalau daftar daring sekarang?”
“Kalau masih ada jatah, ya bisa”
“Wah ga bisa sih kayaknya Pak. Kemaren aja, jatahnya tinggal buat empat orang”
“Ya berarti ga bisa hari ini,” si Bapak menyimpulkan
“OK deh Pak. Saya mau pulang”
“Eh ini mau dilanjutkan ngga prosesnya?” tanya si Bapak.
“Kan aturannya ga bisa Pak.”
“Ya bisa, dilanjutkan, kalau mau” terus dia cerita kalau data yang dientri daring melewati jamnya, datanya akan otomatis hilang. Bla.. bla.. bla..
“Jadi bisa dilanjutkan, Pak?” tanya saya memastikan
“Iya bisa. Mana dokumennya? Fotokopiannya dulu!

“WHAT THE *&^%$^&**&^%*!!!!!!  OH GOD!!”

ogod1

Selanjutnya, dengan bangga saya ganti Ijazah dengan Akte Lahir. Ternyata bukannya menyelesaikan masalah tapi nambah masalah. Tempat lahir di Akte Lahir saya kata dua berbeda dengan semua dokumen di KK, KTP dan Paspor lama. Di Akte dinyatakan tempat lahir dalam kecamatan bukan kabupaten/kota. Padahal di atas tanda tangan pejabat tertulis Kabupaten/Kotanya. Yang saya tahu, di mana-mana juga, tempat lahir mah Kabupaten/Kota bukannya Kecamatan atau malah Desa/Lurah.

“Kan kalau tempat lahir, yang ditulis Kabupatenm/Kota nya. Bukan kecamatannya” saya bela diri. Gatau aturan ini saya dapat kapan dan dari siapa. Tapi sejak SD saya tau itu.
“Ga bisa Pak. Ini harus sama” Udah sebel nih.
“Berarti saya harus ganti tempat lahir di Kartu Keluarga, KTP dan Ijazah TK sampai Kuliah, ya Pak?” OMG repot banget. Mendingan saya bikin Akte Lahir ulang deh… Eh tapi Kabutapen/Kota tempat lahir saya sekarang udah ganti nama. Zzz…
“Bapak bawa ijazah? Di sana apa ditulisnya?”
“Bawa. Di sana tertulis Kabupaten/Kota.”
“Ya udah pake Ijazah aja” kata si Bapak.
“Terus dokumen Akte Lahirnya ga usah diikutin dong Pak?”
“Ya ga apa-apa, dimasukin aja!”

“WHAT THE ^&%^&*&*&^*^%*%$#@$#!@#$!!!! OH GOD WHYYYYY???!!!!”

ogodwhymeme

Setelah melewati si Bapak itu. Proses berjalan sangat cepat dan lancar. Adios Pak!

3 thoughts on “Oh God Why?!

    1. Ngga sih, mba. Udah ga ada gituan sih sekarang. Apalagi di kantor itu ada tulisan sejenis area bebas korupsi gitu.

      Mungkin dulunya gitu, biar dpt jatah. Kebiasaannya kebawa-bawa… haha

Leave a Reply

