Jakarta's Livin' Cost

Skitar 1 quarter (3 bulan) gw ngekos di Jakarta. Tepatnya di Wallstreet, Kebon Sirih, Menteng. Da emang lumayan deket sama kantor gw di Jl Medan Merdeka Selatan (Monas). Wiuh… yuk kita itung2 berapa siy livin’ cost Jakarta.

OK. Kita itung dr harta tidak lancar dulu: kosan. Kosan di daerah Jakarta Pusat, yg gw tahu paling rendah 275rb dan paling mahal 550rb. Yaitu kosan biasa aja, lantai ga kramik, tapi tegel biasa ajah, ngga ber-AC, ada lemari, meja kursi, dan ranjang. Juga udah dicuciin. Saat ini, cost tempat tinggal gw 350rb se-bulan. Sebelumnya 500rb sebulan dg fasilitas yg hampir sama (lebih bagus yg skr). Harta tak lancar lainnya: strikaan bagi yg ga dicuciin, anggap aja 70rb, tempat sabun 3rb dan gayung 4rb.

Kedua, biaya perut. Makan di sekitar kantor (warteg) antara 4rb sampai dg 8rb. Terpenuhi karbohidrat, protein, dan sayuran. Kalo di kantin kantor minimal 8rb, rata-rata 13rb. Di sekitar kosan gw lebih murah: nasi goreng 4,5rb; pecel ikan 5rb, pecel ayam *ga pernah*, makanan di warung nasi 4rb-7rb. Dan percaya ngga, tadi malam gw makan cukup dg 2rb, sudah terpenuhi karbohidrat, protein dan sayuran. Ayo tebak!

Ketiga, biaya kebersihan. Sabun 3rb, pasta gigi 4rb, sikat gigi 2rb, sampoo 9rb, sabun muka 5rb. Dan bagi yg ga dicuciin: deterjen 12rb dan sabun colek 2rb.

Keempat, ongkos transportasi. Kalo sekali balik 2rb. Brarti PP 4rb. Ongkos pulang kampung seminggu sekali anggap abis 50rb (biasanya lebih).

Lainnya: buku bacaan, sebulan 150rb, jajan cemilan kueh sebluan 100rb, pulsa 50rb.

Ok mungkin cukup kalee ya. Itulah biaya hidup kita, gw lebih tepat. Coba itung, kira2 sebulan gw ngabisin berapa duit. Kalo orang Senayan dg gaji puluhan juta rupiah ga cukup buat livin’ cost di Jakarta, kok gw bisa2 ajah yaaa…. Mungkin mereka tambahin biaya ke dugem… ih amit 16x. Padahal kalo pake XL jempol, pasti…

One thought on “Jakarta's Livin' Cost

Leave a Reply

