Bid'ah

Rada hareudang sebenernya ngomongin orang-orang yg gemar mengecap orang lain Bid’ah. Contohnya:
– Shalat taraweh 20 raka’at katanya bid’ah
– Shalat Shubuh pake qunut bid’ah pula
– Shalat pake niat yg dizaharkan, bid’ah
– Menetapkan tanggal 10 Zulhijah, bid’ah
– (Kalo di deket kampung gw) Masjid pake speaker, bid’ah
– MTQ, bid’ah

Halah cape deh! Ustadz Ahmad Sarwat baru2 ini menjawab artikel berkenaan dengan bid’ah di sini.

Padahal beberapa hal bid’ah itu hanya sekedar khilafiyah, perbedaan pendapat saja. Di mana, Rasul juga dalam hal Shalat saja, misalnya, suka melakukan gerakan yg berbeda2 (tidak konsisten; kadang2).

Ya kita mah jangan terjebak yg kaya ginian lah, tapi harus tau juga dasar kita melakukan ibadah itu apa? Karena syarat diterimanya ibadah adalah sesuai dengan tuntunan Rasul dan ikhlas. Terus lagi, lebih baik mengutamakan dulu apa yg diperintahkan Allah dan Rasulnya daripada melakukan hal2 lain yg dianggap bid’ah. Misalnya bersalaman ketika habis shalat, tidak ada contohnya dari Rasul, tapi tak ada salahnya bersalaman. Yg ada juga, setelah Shalat itu disuruh berzikir. Dan zikir itu ibadah, makanya jangan sampai kita mengganggu orang yg berzikir dengan mengajaknya bersalaman. Nanti aja deh bersalaman mah kalau emang dia udah beres ibadahnya (zikir & do’a) sehingga ga mengganggu kekhusuan.

Ah ini mah pendapat saya saja, umat yg bodoh terhadap ajaran agamanya. Mudah2an saya tidak dicap bid’ah.

4 thoughts on “Bid'ah

  1. aku pernah baca, bid’ah itu ada 2 macam, cuman lupa nieh? ntar senin ya, koment aku disambung. maaf, sudah tua nih jadi pelupa.hehe…harap maklum. atau mungkin ada blogger yg mo ngingetin aku???afwan…

  2. nerusin komentar yg sebelumnya, jadi bid’ah itu ada 2 yaitu bid’ah baik dan bid’ah buruk (sesat). semua bid’ah yang bersumber pada Al-Qur’an & Sunnah berarti termasuk bid’ah baik. Jadi ga bisa dong orang mengecap kalau bid’ah itu pasti hal2 yang buruk dan tidak sesuai agama. Bid’ah sendiri berarti hal2 yang baru, seperti pengumpulan lembaran2 Al-Quran menjadi mushaf mrpkn bid’ah tetapi bid’ah baik tentunya, karena menjaga kelangsungan Al-Quran itu sendiri.

    Jadi, jangan asal mengecap sesuatu itu bid’ah, kita harus lihat dulu bersumber pada Al-Quran & Sunnah tidak? Waallahu’alam, maaf kalo bahasa ngacau n tidak jelas, harap maklum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s