Blogger's Styles

Setelah saya perhatikan, ternyata setiap blogger memiliki gaya settingan blognya masing-masing bergantung fitur yang disediakan oleh mesin blogger mereka. Misalnya, yang menggunakan mesin WordPress, ada beberapa gaya yang bisa diikuti:

– Tulisan langsung vs menggunakan separator (read more)
– Komentar dijawab blogger di form komentar vs menyisipkan jawaban komentar di komentar yg ada
– Letak sidebar: kiri, kanan, double sidebar, triple sidebar atau bawah.

Nah dari sini, para blogwalkers bisa liat, gaya yg dipake blog saya kayak gimana. Coba bandingkan dengan gayanya pak naher!

Kalau Anda ingin melihat stats setiap tulisan, bisa pilih yg menggunakan “seprator (read more)”. Selain itu, kalau blogwalkers pengen ngasih komen, bisa meluncur ke bagian bawah langsung isi itu komen.

Kalau blog Anda penuh komentar orang lain maka pilih “menyisipkan jawaban komentar di komentar yg ada” sehingga komentar di tulisan Anda ga kebanyakan. Dan hipotesis saya, dengan gaya ini (seperti gayanya pak naher) akan menghangatkan suasana dan membuat orang lain berebut komentar menunggu dikomentarin lagi sama si empunya blog. Tapi syaratnya Anda harus punya waktu luang, bandwidth cukup. Tapi bukan itu saja, kalau Anda orangnya ga banyak omong (nulis), jangan coba2 pake gaya ini, mendingan kasih komentar dengan form komentar baru aja.

Nah, kalau masalah sidebar, ini bergantung pada estetika Anda.

Begitulah, laporan blogwalking yang telah saya lakukan. Silakan pilih2 gaya ngeblog sesuai selera Anda. Blog ini gimana ya? Kayaknya ikutan gayanya pak naher aja deh, kapan ya saya berganti gaya?

5 thoughts on “Blogger's Styles

  1. Bukannya hampir sama tampilannya?
    Kalau komentar memang Mas F-X ini selalu menulis di komentar baru.
    Soal separator saya juga agak bingung. Masalahnya saya paling malas klik kalau lihat …read more… Karena itu saya tidak pernah pakai separator. Cuman akhir-akhir ini tulisan saya kepanjangan jadi ada beberapa terpaksa pakai hehehe. Bandwith saya juga udah kritis nih. Kayaknya musti ditambahin ntar.

  2. wew…mantep bener analisa IPK4😀
    thx atas sarannya…lain kali kalo kebykn komen, ita kasi tggpn dgn edit komen *bukan buat komen baru*😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s