Ngenet A'la Orang Kere

Bagi orang yang hartanya berlimpah, biaya ngenet ga terlalu menjadi pikiran. Tapi buat orang kere, untuk mendapatkan kenikmatan internet mereka harus berpikir dulu. Berpikir di sini adalah membanding-bandingkan mana yang murah tapi meriah (slogan backpackers ini mah😀 ).

OK deh, biar gampang, saya ngaku aja deh, orang kere itu adalah saya😀 . Saya punya laptop yg udah ada bluetoothnya. Saya juga punya handphone SE Z530i yang udah ada Bluetoothnya, juga bisa dipakai sebagai modem. Nah sekarang kartu SIM yg mur-mer itu apa?

Setidaknya ada 3 operator besar: TSEL, EXCL sama ISAT. Berlangganan TSEL-Flash unlimited yang termurah adalah Rp125rebuan tapi dibatasi oleh kecepatan yg lambat (berarti kelambatan bukan kecepatan) selambat up to 256 kbps. Koneksinya sering putus. Selain itu, untuk mendapatkan fasilitas ini, kita harus mempunyai kartu HALO selain hybrid. Simpati dan AS, sorry to say, ga bisa.

Operator EXCL saya belum pernah nyoba, jadi ga bisa dibahas bagaimana kualitas koneksinya. Tapi kalau dari harga adalah Rp99rebu (belum termasuk pajak) untuk 250MB.

Nah, operator ISAT lebih siap untuk fitur broadband. Ada banyak pilihan paket produk yg mereka jual. Yang paling murah adalah Rp160rebu untuk kuota 750MB per bulan.

Tapi karena saya orang kere, harga paling murah yang ditawarkan 3 operator besar pun dengan cepat akan meringankan isi dompet saya. Lagian, kebutuhan saya bukan untuk downloading tapi buat browsing, chatting, email dan bloging aja. Untuk kebutuhan itu, kuota download/upload (?) cukup sekitar 300MB-500MB per bulan atau sekitar 10MB-17MB per hari. Dan juga, biaya yg saya keluarkan pengennya lebih kecil dari Rp50rebu, ada ga ya?

Setelah cari-cari, eh ternyata ada juga boss yg tarif per KBnya Rp0,1 pada 10MB pertama. Walah ini mah pas banget buat saya. Berarti 300MB hanya Rp30rebu. Wah wah cocok banget buat orang kere. Kartunya pake Axis. Baik ya? (Wah iklan euy😛 ). Kecepatannya lebih cepat daripada koneksi GPRS make MATRIX dan jauh lebih jarang disconnected daripada TSEL-Flash.

Nah untuk memantau migrasi data baik Uplink maupun Download, tinggal install aja program free
ware untuk memantaunya. Kalau saya menginstal BitMeter. Dengan demikian, saya bisa memantau hari ini sudah mencapai 10MB belum? Hehehe….16x ga mau rugi dong, soalnya kalau lewat dari 10MB tarifnya naik 10 kali lifat menjadi Rp1/KB.

OK deh. Solusi sudah ditemukan, terima kasih udah membaca. Dan perlu diketahui pula, bahwa tulisan ini tidak disponsori oleh salah satu operator manapun (bilang aja Axis😛 ). Dan sorry to say ya 3 operator besar, di tempat saya Kebonsirih Jakarta Pusat emang faktanya seperti itu.

9 thoughts on “Ngenet A'la Orang Kere

  1. aq gapunya laptop, ada nya PC, itu juga dtinggal dirumah, gadibawa ke kosan, lagi juga aq nya gapaham dengan perhitungan biaya perngenatan, ditambah hape yang sepertinya kurang mendukung

    untuuuuungnya, internet kantor dibuka bebas 24 jam, dengan kecepatan mengalahkan semua koneksi lainnya, alias sekejap mata itungannya, jadi bisa bebas ngapain ajah, didukung posisi kubikel masuk dalam deretan ” jarang diliat ” alias pojokan, dan semua yang bisa berjalan dengan bantuan telpon dan sametime (semacam YM tapi buat internal kantor) jadilah kita hidup nyaman damai sejahtera, kerjaan lancaaaar, nge net juga jalaaaan teruuuuuuuuus

    btw, aq pernah waktu lagi wiken, males ngapa2in akhirnya ngantor dan nge net sampe mual2, huahahha

    ipk4cumlaude said:
    Wah berbahaya juga ya efek samping ngenet pas weekend….😀
    BTW kalau hari libur dan abis office hour, ACnya emang masih nyala ya..?
    Kalau di kantorku AC udah mati tuh, gerah. Moreover, di kantorku bandwithnya suka diitung. Dulu saya masuk masuk urutan ke-2 setelah server (Pegawai berprestasi ngenet😀 ) *memalukan*
    Kayaknya sekarang prestasiku naik deh, jadi nomor 1 melebihi server hehehe…16x

  2. wah selamat deh kalo dah ketemu solusinya , memang susah mas cari yang mur-mer.. kadang2 kita juga dipermainkan ma operator..

    ipk4cumlaude said:
    Iya nih kita harus pinter2 juga jaga diri dari kelakuan centil operator *apa sih*

  3. ac nya mah on terus, listrik juga, taw, boros amat ni kantor, tidak mendukung green peace..
    rencana nya malah aq mau obyekin ini internet gratis, lumayan hasilnya bisa buat beli kuaci

    ipk4cumlaude said:
    Ideunya bagus🙂 , bisa dimasukin ke Ide Gelo Bisnis.

  4. eh aq juga punya usaha catering loh, dan dalam waktu dekat akan merambah ke usaha jualan risoles, kamu berminat ga? tawarin gih ke orang2 kantor, gilaks, saya antusias sekali

    ipk4cumlaude said:
    Banyak juga ya bloggers yg punya usaha sampingan. Ganbatte!
    Tapi kalau makanan dari Nia, ga mau ah, kalau marah ntar saya diracunin! 😀

Leave a Reply

