Bedah Buku Andy's Corner

Lagi hiatus untuk melakukan kelakuan yang saya cita-citakan, tapi apa boleh buat, saya bener2 pengen mengaplikasikan IBSN: BERBAGI. Dan sodara-sodara, tulisan ini masih panas. Beruntunglah yang baca pas panas gini. Langsung dari oven!

Beginilah akibatnya kalau kita jadi blogger. Saya pernah menulis Maryamah Karpov di blog ini, ada beberapa komentar yg masuk, bahkan dari employee Gramedia Grand Indonesia. Beberapa hari yg lalu ada juga yang ngasih impo kalo Mas Andy “Kribo” F. Noya bakal membedah buku terbarunya: Andy’s Corner dengan bintang tamu Bang Andrea “Ikal” Hirata, malam ini. Wah ini impo yang sangat berharga buat saya. Makasih banget ya Mas Ryan. Makanya setelah office hour dan shalat Maghrib, saya langsung cabut ke Gramedia Grand Indonesia (pertama kali nih ke sana, hihihi….8x). Tapi sayang banget, pengen nebeng 3 in 1, eh temen2 saya udah pada cabut *hiks* jadinya pake Taxi.

Sampe di sana, saya langsung beli bukunya Mas Andy: Andy’s Corner. Dengan segera saya ngetek tempat duduk di sana. Sayang, tempatnya kurang enak buat pertemuan soalnya tempatnya mojok dan banyak tiang. Walhasil dari tempat duduk saya ga keliatan wujud live orang2 hebat. Akhirnya saya berdiri aja di luar tempat duduk cafe itu sambil nyedot Capuchino.

Buku Andy's Corner

Pengen foto-foto, eh dasar udah takdir, kamera yang setiap hari selalu nangkring di tas, malah ga dibawa setelah baterenya saya charged 2 hari lalu. Waduh ampuuun deh, jadinya fotonya pake kamera HP dan hasilnya super jelek. Maap yah. Pas ngantri tanda tangan, saya minta ke salah seorang cewek yang moto2 untuk mengirimkan gambarnya via email. Mau ngasih alamat email saya pas ngantri agak kagok, mau ngasih name card, lupa si name card yang selalu nangkring di dompet ga ada secara malem kemaren ada acara peluncuran produk syariah HSBC Amanah di Hotel Continental sempet tuker2an kartu nama. Jadinya, alamat email nanti mau saya kasih pas abis acara tanda tangan. Eh abis ngantri si cewek harapan saya (harapan dapet gambar maksudnya), udah ngilang. Hiks. Mudah2an ada blogwalkers yang baca tulisan ini ikutan acara tsb dan poto2, bisa ngirimin gambarnya dengan lisensi Common Creative ke saya. Amiin.

Yg berdiri dr kiri ke kanan: moderator, Mas Dwi, Bang Andrea Hirata, Mas Andy F Noya

Acaranya dari jam 7 sampe jam 9.15 malem. Seru sekali. Di acara itu didatangkan dua bintang tamu, yakni Mas Dwi, seorang pilot Garuda yang 50% dari tubuhnya kebakar pada usia 23 tahun setelah pesawatnya menabrak Gunung Gede. Kalo suka nonton Kick Andy, pasti tau lah. Dan satu lagi, tentunya Bang Andrea “ikal” Hirata. Uuuhhh… seneng banget ketemu sama orang2 yang penuh passion. Berharap saya terinduksi oleh passion mereka untuk mengarungi kehidupan ini.

Kata mas Andy, buku ini menelanjangi saya. Malu tapi… ya udah jadi buku. Jadinya, sekalian aja telanjang, soalnya buku ini bener2 berisi curhatnya seorang Andy. Yang paling deg2an (kira2 begitu) pas nulis buku ini adalah menceritakan kesalahan dia menyikapi pisahnya kedua orang tuanya sejak (kalau bener) 6 tahun selama bertahun-tahun sampai kuliah dan baru nyadar pas kuliah itu. Dengan mimik muka sedih dan suara yang mengharukan, dia berpesan kepada orang2 di sana untuk mengasihi orang tua, jangan seperti dirinya. Mendengar ini, saya harus mengusap-usap tangan saya untuk menidurkan bulu2 tangan yang berdiri. I love my Mom and my Dad! Tapi bukunya nanti aja saya bacanya setelah tanggal 28 Agustus biar khusuk.

Impian mas Andy terinspirasi oleh guru SD-nya, Bu Anna yang bilang kalau dia cocok jadi hartawan eh wartawan, makanya mahasiswa teknik ini ga meneruskan kuliahnya, untuk menjadi wartawan. Dan mimpi yang lainnya adalah ingin membantu banyak orang, makanya dia bikin Kick Andy Foundation.

Sekarang cerita Mas Dwi. Setelah musibah itu, harapannya ilang. Termasuk orang tua dan keluarganya, tidak ada yang menyemangati hidup dia. Semuanya menjauh setelah anak yang bakal jadi kebanggaan keluarganya, menjadi tak berdaya memenuhi impian keluarga dia. Tapi pacarnya yg baru dikenal tiga bulan sebelum kejadian itu, kalu bener namanya Betania, yang menyemangati hidupnya dan akhirnya dia bisa menjadi motivator terkenal. Sepertinya dia berkhotbah di gereja deh. Hebat!

Impian Mas Dwi adalah ingin memotivasi banyak orang yang telah kehilangan asa dalam hidupnya.

Sekarang si Ikal. Dengan senyumnya yang manis dan gaya baju dan topi khasnya, dia bertutur mengenai ya… Laskar Pelangi dan pelmnya yang akan premier tanggal 25 September nanti. Inga…Inga…! Ada lebih dari 100 tiket gratis dari kickandy.com yang akan diundi menjelang penayangan perdana pelm ini.

Miliuner muda ini berkisah bahwa mimpinya selalu berubah2. Dikarenakan orangnya susah tidur, jadi sebelum tidur dia suka bermimpi pengen jadi atlet bulu tangkis, paginya pengen jadi Dirut Telkom, siangnya pengen jadi Komut Telkom biar bisa marahin Dirut Telkom, malamnya pengen jadi atlet bulu tangkis lagi. Tapi pesennya bahwa kita harus punya mimpi dan fokus. Walaupun miskin harus berfikiran kaya. Karena pesen ibunya, orang miskin itu membebani negara.

Waaah… berdiri hampir dua jam ga kerasa kalau bertemu sama orang-orang hebat yang ngocol juga. Kata bang Andrea Hirata, jangan remehkan orang-orang kriting. Andrea Hirata, Andy F Noya yg memperkenalkan LP lebih luas, Riri Reza yg menyutradai pelm LP dan Giring Nidji yang menyanyikan soundtrack pelm LP, keriting semua mereka…. Mas Andy bahkan bilang, kita bikin partai aja, PKS: Partai Kribo Sejahtera. Kakakakakkak…. Sayang gaya rambut saya ngga afro..๐Ÿ˜†

Seneng banget ketika saya bertemu orang2 yang mempunyai passion tinggi dalam kehidupan ini. Di kantor saya, isinya orang2 hebat cuman saya aja yang tidak belum hebat. Pas backpacking eh ketemu orang2 hebat pula. Di dunia blogsphere, ada banyak sekali orang2 hebat yang memiliki passion di bidangnya. Eh sekarang ketemu mereka yang hebat pula. Di bidang keuangan syariah, saya ketemu orang2 muda hebat sekali. Akibatnya, diri ini termotivasi pengen jadi orang hebat pula, yakni pengen jadi Ahli Sukuk di Indonesia 8) . Langkah awalnya adalah menjadi Analisis Pasar Sukuk di Indonesia, di mana saat ini belum ada orang kayak gitu. Mudah2an saya termasuk assabiquunalawwaluun. Dan di sinilah, saya menemukan passion saya. Biarpun pulang malem terus dan weekend kerja, tapi saya senang sekali. Kalu udah ketemu passion sendiri, apapun yang dilakukan akan terasa nikmat.

Di akhir acara, adalah sesi tandatangan. Ini merupakan buku ke-2 dan ke-3 yg ditandatangani penulisnya setelah bukunya Kang Ocon. Waduh gimana rasanya ditanya sama Mas Andy, “Namanya siapa?” Terus dia nulis di lembaran pertama buku Andy’s Corner: “Buat Fxxxd Salam [tandatangan]” terus salaman sama orang hebat. Wah ruh saya bener2 terinduksi semangat mereka, mudah2an nempel terus tuh motivasinya.

Tanda tangannya Andrea Hirata

Karena ketiga buku LP saya ada di Cianjur, jadinya saya hampir ga minta tandatangan si Ikal. Tapi ah saya paksakan beli aja buku LP hardcover yg plus CD Kick Andy episode Laskar Pelangi. Setelah bayar, saya langsung lari ke Bang Andrea untuk minta tadatangan dan bersalaman. Aaaah… al-Hamdulillaaah dapet juga tanda tangannya.

(Masih terbawa emosi senang, jadi maap kalau tulisannya acak2an)

25 thoughts on “Bedah Buku Andy's Corner

  1. Pertamax….!
    Ichiban….!
    Kahiji….!
    The first!

    Ternyata, bukunya Andy yg pertama di bawahnya ada kata INSPIRATIF. Pernah saya bahas di komentar blog Bang Hery, kalao kata INSPIRATIF itu ga ada di kamus. Hehehe….8x

  2. hahaha…ngga seru dong kalo menjadi komentator pertama dalam tulisan sendiri.

    Memang kita harus lebih sering bertemu orang-orang hebat untuk lebih bisa memacu semangat kita. Dan sebetulnya tidak perlu orang yang memang terkenal kehebatannya, karena sesungguhnya banyak sekali orang hebat yang tidak tampak dari luar. Asal kita mau menggali kehidupan sekitar kita, kita akan tahu bahwa banyaaaaaaaaaaak sekali orang hebat di dunia ini. Dan kadang itu membuat kita malu.

    mangkum sendiri hebat! Kenapa? karena hanya orang hebat, yang selalu mau introspeksi diri, tidak puas dengan kondisi sekarang…dan mau maju terus. Mari …sama-sama jadi orang hebat yuuukk.

    soal kata inspiratif, masih banyak kata yang belum didaftarkan (masuk) ke KBBI, padahal sudah menjadi bahasa kita. Karena Pusat Bahasa tidak aktif menyebarkan kata-kata baru, maka mass media yang harus membntu menyebarkannya. Pusat Bahasa juga akan kedodoran jika harus membuat revisi KBBI setiap tahun, karena itu adalah proyek besar, sedangkan tenaga kurang. Selayaknya dibuat suatu “ekseplar bebas” setiap tahun yang memuat kata-kata baru yang populer dan atau ingin dipopulerkan seperti di Jepang dalam buku “Imidas”. Sehingga kelak jika ada dana untuk menerbitkan edisi terbaru KBBI, tinggal menyatukannya saja. Dan orang juga tidak harus membeli Kamus terbaru, jika setiap tahun dia mempunyai seperti “Imidas” ini. Saya sendiri tidak tahu seberapa banyak keluarga yang mempunyai KBBI di rumah, tapi dengan jaman elektronik sekarang ini, banyak bentuk KBBI yang selayaknya dipunyai oleh setiap keluarga demi kemajuan bahasa Indonesia. (CD Rom, website dll).

    Maaf terlalu panjang komentarnya, tapi saya merasa ikut kecipratan “heboh” bertemu orang terkenal di Indonesia (yang saya tidak kenal karena berada di luar negeri).

    Salam
    EM

    mangkum said:
    – pertamax di blog orang lain susah, ya udah gol bunuh diri aja…๐Ÿ˜†
    – saya hebat? jadi maluw….
    – o iya baru keingetan… kamus English juga tiap tahun memasukkan kata2 baru. dan suka dinobatkan word of the year, seperti kata “blog” pernah menjadi word of the year tapi lupa taun berapa. berarti emang kita bisa create kata baru. duuh pola pikir saya masih user bukan creator jadi gini deh. makasih emiko-san udah mengingatkan saya. sh untungnya di postingan si Abang diganti lagi deh ke INSPIRATIF.
    – iya neh heboh banget, nanti insya Allah mau ikutan lagi launching bukunya Eko Ramaditya…

  3. Wah, Assabiqunal Awwalun dalam bidang sukuk?
    Why not?
    Saya yakin mangkum akan sukses seiring dengan suksesnya Sukuk di Indonesia.
    Eh, btw sukuk itu apa ya?
    Gubrak…

    mangkum said:
    Mudah2an bang, do’akan yah…
    Sukuk itu… makanan yang di kukuS *gubrag gabrug*

  4. Selamat telah berhasil mengejar ttd orang hebat. Jika ikal = orang hebat, jadi mo ikal nich, mang …๐Ÿ™‚
    Masalah kata Inspiratif, komen Ikkyu_san benar bahwa membuat kamus tidak dapat dilakukan dalam waktu 1 tahun, bukan masalah kedodoran tapi masalah keberterimaan kata tersebut. jangan sampai kata tersebut muncul sekali, hanya beberapa orang yang pakai, terus hilang. Pembuatan kamus sendiri memerlukan waktu sampai 10 tahun (kamus lengkap). Dan wajar kalau kita bandingkan antar kamus pasti ada perbedaan (takuuut dibilang plagiat jika sama jadi pasti dibedakan)๐Ÿ˜€
    Sementara, Indonesia tidak punya wadah yang mengelola produk-produk dalam negeri (hasil karya baik teknologi maupun seni) sebagai lembaga pengakuan hasil karya (menjurus ke hak paten). Yang ada lembaganya terpisah bahkan duplikasi tugas pokok dan fungsi organisasi di pemerintahan.
    Mudah-mudahan setelah pemilu 2009, para pemimpin kita sadar untuk memajukan bangsa dan negara RI.
    Amin

    mangkum said:
    amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin
    lama banget ya 10 tahun. tapi kalau tambahannya biasanya tiap taun ada (kalao kamus English sih gitu)

  5. eh selamat ya๐Ÿ™‚ . kmu juga kyknya termasuk passionate about your life yah ? congrat deh, gw kadang susah buwanget nemuin passion di hidup gw๐Ÿ˜€

    mangkum said:
    Kan jingga udah bikin blog penulis… saya pikir itu emang passion jingga… Jadi inget kisah Ade Rai. Kira2 ceritanya begini:
    Dia kan dulunya atlet bulu tangkis. Latihan terus kok ga jago2. Kadang males kalo latihan. Tau sendiri kan jadwal latihan atlet bulutangkis, kata guru SMA saya, dia pernah ikutan PB di Bandung dan latihannya itu dari pagi, siang setelah pulang sekolah dan sore/malem. Edun ga sih jadwalnya? Tapi akhirnya Ade Rai menemukan passion-nya di binaraga. Setelah jadi juara dunia, dia membuat tempat fitness di Jakarta yang awalnya ga ada yg mau berinvestasi di bisnis ini. Tapi liat deh sekarang, fitness menjadi gaya hidup metropolitan, termasuk di kantor saya. Dia juga bikin video training fitness. Hebat kan?

  6. hahaha sy suka nih ucapan andrea hinata : “Karena pesen ibunya, orang miskin itu membebani negara.’ hahahah partai kribo sejahtera…hahaha kayaknya sneng banget kalu bisa datang ke sana yah๐Ÿ™‚

    mangkum said:
    ente bisa ikutan dong partainya…๐Ÿ˜†

  7. Wah..seru banget, mang….!!
    Saya yang baca aja ampe ke-influence ama passionnya mangkum…
    Ah, berada di sekitar orang2 hebat membuat kita terpacu menjadi lebih baik…

    FOKUS dan Berani BERMIMPI

    adalah efek ketika saya membaca SANG PEMIMPI…Laskar Pelangi membuat saya Begitu bersemangat dan Bersyukur…EDENSOR…segala sesuatu bisa terjadi dengan izin Allah SWT

    Wuih…share-an kali ini sungguh membuat saya bersemangat!!

    mangkum said:
    Wuih… ga nyangka, tulisan ini sampe membakar putri… Semangat!

  8. cukup jarang baca artikel yg mampu menggugah sebuah rasa, ini salah satu artikel yg memiliki aura kebaikan tersebut. semangat terus mang! ^_^

    mangkum said:
    Fight Oh! Semangat!!!!

  9. aku juga ada buku ANdy yang pertama,kemarin mereka ber-3 juga dateng ke Mlg, cuma aku kehbaisan tiket, bego ya…..nyesel….mereka memang hebat, menginspirasi byk orang dan bikin bangga jadi orang Indonesia. MERDEKA.
    oh ya…Maap Lahir Bathin ya……Met Puasa, makasi dah sering komen di aku, ntar aku penegn bikin blogroll di page juga ah.isinya, mangkum, Mbk Imel…

    mangkum said:
    Ya… sayang deh… tapi yakin masih ada kesempatan mungkin di Surabaya…
    Sama-sama nih mohon maap juga.
    Wah dewisang belum saya masukin blogroll yah.. udah lama ga diupdate…

  10. Wah… Sebuah Penjabaran yang sangat detail!!
    Mungkin Anda cocok jd Hartawan juga…
    Eh, mksudnya Wartawan!!๐Ÿ™‚
    sy jg berterimakasih, atas perhatiannya pd info yg kemaren sy tls!
    Nnti klo ada info lg, sy share di sini dh!!
    Oy, soal Dokumentasi acara, nanti sy coba carikan,
    siapa tau ada yg berbaik hati membagikan hasil jepretannya.
    (Kebetulan saat acara, sedang bertugas di lt. 2)

    Keep Fighting….

    mangkum said:
    -ngga mau ah jadi wartawan soalnya bisa saingan sama temen2 saya udah jadi wartawan, secara IPB kan Institut Publisitas Bogor geto loh…๐Ÿ˜†
    -makasih banyak mas imponya… bener2 berguna… ditunggu yah impo lainnya lagih… *ngarep mode ON*
    -yuhuuu… potonya ditunggu juga…..! sangat ditunggu malah! makasih banyak nih mas Ryan dah bikin repot…

  11. kalimabelas !!!

    Ngiri euy ka mangkum๐Ÿ˜ฆ

    abdi teh hoyong kapanggih sareng Andrea Hirata๐Ÿ˜ฆ

    mangkum said:
    engke lah diajakan pami aya jumpa fans… :lo:

  12. hehehe…
    sekali lagi kamera harus selalu di genggaman tangan tuh…
    biar gak nyesel…๐Ÿ˜›

    mangkum said:
    iya nih… tapi untung mas Ryan mau mengusahakan potonya…๐Ÿ™‚

  13. hehehe…..iya mang, bener sih kata mamang, emang musti ada usaha dulu , cmn ada kalanya ngrasa jenuh kali ya๐Ÿ™‚

    mangkum said:
    jenuh sih pasti, melakukan hal yang sama berulang2 terus, menurutku pasti jenuh. tinggal gimana caranya bikin variasi biar ga bosen. walopun jenuh tapi itulah yang menjadi keran rizki buat kita… *greedy*

  14. tayangan kick Andy jangan terlalu malam jadi tak jadi lihat nih!

    mangkum said:
    yg ulangannya aja atuh mas Ahmad. Tiap minggu sore kan ada tuh…

  15. iya… mereka tuh sangat menginspirasi.. aku jg pernah dtg ke acara kick andy waktu di kampus.. mas andy tuh emang humble bgt.. ^_^

    mangkum said:
    wah ngiri euy…
    sayang waktu Kick Andy ga pas sama jadwal nguli… *hiks*

  16. Ngabuburit Bareng 3 Pengarang Beken…

    Bersama:
    – Clara Ng
    – Alberthiene Endah
    – Andrei Aksana

    Gramedia Grand Indonesia
    Minggu, 7 September 2008
    pkl. 16.00 WIB

    FREE! + Lucky Draw & Book Signing!

    mangkum said:
    Waduh tiga nama itu belum kenal euy…
    Setelah baca di blog Clara Ng, oh ternyata beliau penulis aktif… pasti bukunya bagus, cuz udah didiskusikan di Goethe Haus sama orang Kompas awal Agustus lalu.
    Tapi sayang jam segitu saya udah punya acara… *hiks bentrok*

  17. Mang Kumlaude, Ini ada info terbaru..
    O iya, maaf untuk foto2 nya belum dapat juga nih! (Masih diusahakan)!
    Kalo yang acara minggu besok mau datang, jgn lupa kameranya y!!!
    Hehe..
    Acaranya, bedah buku juga!!!

    mangkum said:
    Makasih usahanya mas Ryan… *sabar menunggu…..๐Ÿ˜† *
    Kamera OK…!

Leave a Reply

