Virus & Trojan

Nasib deh, laptopku kena virus setelah mencolokkan flashdisk temenku ke port USB. Sepertinya dia melakukan autoloading di flashdisk tersebut, karena waktu itu saya tidak mendobel klik sebuah file untuk dijalankan. Gatau nama virusnya apaan, tapi sangat merepotkan. Dia mengeset file type menjadi hidden, padahal settingan laptopku selalu menampilkan file type. Memang, cara simpel menampilkan file type 90% bisa menghadang virus. Karena biasanya virus itu menampilkan icon folder atau Ms Word tapi file type-nya .exe bukannya .doc.

Selain itu, virus ini memblokir koneksi internetku, duh padahal pengen melepas kerinduan sama IM2 dengan bersilaturahim dengan cooeers dan otak-atik MP. Ini dia lakukan agar installed antivirus ga bisa ngedownload definisi virus terbaru dari internet. Padahal selama penggunaan komputer sejak mahasiswa, gw ga pernah pake antivirus dan selalu bebas virus😀 . Kali ini jebol euy…. *hiks*

Yang bikin gw sebel adalah ga bisa ngerjain kerjaan sidejob. Duh merepotkan sangat. Kasihan banget pembuat virus ini disumpah serapahi sama orang-orang yang menjadi korban. Gimana enaknya ya hidup disumpah serapahi senantiasa?

Tidak sampai di sini. Di komputer kantor pun terkena trojan the so-called netlibrary.exe. Trojan ini beraksi sebagai proxy. Koneksi internet menjadi terputus dan diambil alih sama dia. Kemudian dia beraksi dengan mengirimkan data dari komputer lokal ke servernya. Hal ini bisa diliat dari aktivitas transfer rate yang terus jalan sementara saya tidak melakukan aktivitas internet. Tapi sedihnya, ini trojan menyebar lewat LAN. Jadi, once komputer kita udah dibersihin, eh terjangkit lagi selama LAN-nya belum bersih.

Jika anda senasib dengan saya terjangkit trojan netlibrary.exe dan masih mencari cara menghapusnya, caranya gampang. Ada tiga langkah:
1. Turn Off System Restore. Caranya klik kanan My Computer > Pilih tab System Restore > Check Turn off System Restore on all drives
2. Hapus file netlibrary.exe di C:\Windows\System32\netlibrary.exe
3. Restart Komputer

Tapi untuk kasus saya, karena trojan ini akan selalu muncul meskipun telah melakukan pembersihan seperti di atas, saya menggunakan tool yg namanya What’s Running. Tool ini memantau services atau aplikasi apa aja yg sedang running. Termasuk aktivitas netlibary.exe. Kalau file tersebut keliatan, just simply stop the process.

Solusi ini didapat dari ekonom di kantorku. Jangan heran, karena ekonom di kantorku itu lulusan IT ITB😀 . Semoga bermangpaat.

5 thoughts on “Virus & Trojan

  1. virus ya??
    aku paling sebel klo udah berurusan dengan virus…jd kynya aku bsa ngerasain deh gmn sebelnya klo laptop kna virus, hiks…sngt menyedihkan

    mangkum:
    makasih atas empatinya, mba ulfah

  2. Mangkum ya?
    Saya punya 3 orang istri. Saya berani taruhan, kl benar netlibrary.exe itu virus/trojan, dan dapat dibasmi dg 3 langkah tsb. Maka saya rela nyerahin istri yg keempat.

    mangkum:
    makasi kom, istri gw udah 4 jadi ga bisa nambah lagi..😛

Leave a Reply

