Tiga Olahraga

Mangkum nembak
Mangkum nembak

Ada tiga olahraga yang diminta Rasulullah terhadap para oarang tua untuk mengajarkannya kepada anak2, yakni berenang, memanah dan berkuda. Bolehlah anda mengganti memanah dengan menembak. Ga masalah juga mengganti berkuda dengan mengendarai sepeda, motor atau mobil. Ya saya bukan ahli hadith dan di sini saya ga bakalan membahas tentang itu. Tulisan ini sebagaimana tulisan2 sebelumnya, saya akan membahas aktivitas saya.

Berenang. Jah, ini olahraga belum saya kuasai. Bahkan asal ngambang kekecebekan (apa yah Bahasa Indonesianya kekecebekan?) aja ga mampu. Insya Allah bulan depan saya akan ikut kursus ni olahraga. Diharapkan, 3 bulan udah bisa dan meningkat ke SCUBA diving.

Berkuda. Ya gw tiap hari naik si onta, B2W kosan-kantor. Tapi, berbeda loh dengan berkuda. Karena di aktivitas berkuda membutuhkan sebuah ikatan emosional antara manusia sebagai pengendali dan kuda. Di sebuah artikel malah dinyatakan bahwa berkuda dapat membantu mengatasi anak autist. Intinya, ada nilai2 yang lebih dalam berkuda dibandingkan bersepeda, bermotor atau bermobil. Untuk berkuda, ada di sentul, arthayasa depok atau di bandung. Gatau deh kalau di Pulo Mas cuz saya ga menemukan infonya dari mang google.

Memanah. Aktivitas memanah setidaknya mengajarkan 3 hal: kesabaran, ketepatan dan konsentrasi. Di Jakarta ada kursusnya satu level Rp500rebu di senayan. Begonya, dulu pas mahasiswa diriku bukannya ngambil Panahan di matakuliah olahraga dan seni๐Ÿ˜ฆ .

Karena biaya belajar panah cukup mahal, maka saya coba dulu menembak. At least, palajaran di menembak sama dengan memanah: kesabaran, ketepatan dan konsentrasi. Di Plaza Blok M lt 4 pas weekend lalu, saya mencoba menembak. Murmer lah paling mahal Rp30rebu. Jarak kita dengan sasaran adalah 10 meter. Lumayan, gw nyoba pistol riffle berbobot sekitar 4kg dengan banyak peluru 35, ratenya cuman Rp20rebu. Susah2 gampang lah. Untuk membidik sasaran susah, kalau kelamaan tangan yang menyangga senjata bisa bergetar. Walhasil ga bisa fokus. Total waktu buat saya ngabisin 35 peluru sekitar 1 jam. Lumayan besoknya tanganku agak2 pegel.

20 thoughts on “Tiga Olahraga

  1. tapi seru kaan yaa? hehe..
    what next?๐Ÿ™‚

    mangkum:
    seru dong…
    minggu depan, kalau ga pulkam, gw mo liat-liat di acara Deep Indonesia di JCC. kali aja ada kursus Scuba Diving di 3 bulan ke depan dengan harga yang terjangkau…๐Ÿ˜›
    eh malam minggu depan, ada resepsi Umar n Nunu di Depok.

  2. Mangkum, mau nyobain paket Scuba Diving dengan harga oke sekaligus nyumbang? Kalau berminat sms aku.

    mangkum:
    OK semoga ini paket kursus, tapi butuhnya nanti bulan Juni or Juli lah… Cuz mo belajar renangnya dulu…๐Ÿ˜›

  3. Kalau pakai senapan / pestol beneran ada nggak ? pengen juga nyoba tuh belajar. Saya selama ini belajar nembaknya pakai game yg seperti di game center itu, sama nggak ya ? …

    mangkum:
    Ga ada pak, yang di Blok M mah senjata pompa aja.
    Saya malah ga tau yang di game center seperti apa…๐Ÿ˜€
    Kalau udah jago, pengen juga sih yang senjata asli… *aih dahsyat sekali*

  4. wah saya juga belum bisa berkuda dan memanah nih, tapi buat Zia udah tak kenalin berkuda .. itu lho, naik kuda sore-sore di bintaro ๐Ÿ™‚

    mangkum:
    wah bagus mas, diperkenalkan dengan berkuda sejak kecil… nanti kalau udah punya anak (nikah dulu maksudnya…๐Ÿ˜€ ) saya kenalin juga sejak kecil…

  5. Mang, dulu sayah pernah tatanya tentang kursus diving plus sertifikasi PADI Openwater. Mayan mahal euy. Ke diforward geura.

    mangkum:
    bener euy masuk sepam.
    nuhun emailna, ngke urang taroskeun ka anu parantos ngantongan sertifikat PARE cai buka…๐Ÿ˜€

  6. berenang ….. bisa meskipun hy utk survival
    memanah ….susah memanah, lebih mudah menembak. pengen juga tuh belajar resmi
    berkuda …udah coba, dan tak disangka ternyata menakutkan karena kuda itu lumayan tinggi loh. lebih tinggi dari sepeda motor. dulu pacar jaman cinta monyet adalah joki tuh hehehe.

    baru tahu ada 3 olahraga yang sampai disaranin Rasullulah begini. benkyou ni natta.

    EM

    mangkum:
    Wah wah mantannya joki toh mba. duh romantis sekali ya naik kuda berdua…๐Ÿ™‚
    Saya juga baru tau pas mahasiswa. Dan dulu gw tuh passive banget, baru sekarang aktive pengen nyobain segala-gala… hehehe…8x (Sekarang kan dananya dari saku sendiri jadi ga ngerepotin orang tua๐Ÿ˜€ )

  7. wahhhh mangkum gak bisa berenang?
    baru mo diajakin ke bali rame2 sama blogger lainnya…
    hehehehehehe *ngeledek mode on*๐Ÿ˜›

    mangkum:
    berenang masih maju lah 5-10 meter mah, tapi udah gitu kelelep… hahaha…
    wah wah… ke Bali pengen maen para-para…

  8. berenang memang asyik Mang apalagi kalau sama belahan jiwa๐Ÿ˜‰ …. berkuda juga pengin aku, tapi sekarang bersepeda dulu rutin kalo bisa setiap hari, menembak ? aku juga sering melakukannya Mang, pakai kamera sih yg ketembak rusa2 liar, ratusan burung2 dll, boleh juga khan Mang, nggak ada yg akan mati tertembak soalnya๐Ÿ˜›

    mangkum:
    wah saya juga sering nembak dong kalau gitu… hehehe…8x pelajarannya dapet tuh: konsentrasi, sabar dan ketepatan, malah plus estetika…๐Ÿ˜€

  9. kalau menembak diganti boling bisa enggak kira-kira, diboling juga kita mengenal kesabaran, ketepatan dan konsentrasi, sepertinya enggak jauh beda…

    mangkum:
    ah bisa aja nih abi, bungkus deh…. hehehe…8x
    berarti maen kelereng juga bisa dong…๐Ÿ˜›
    tapi yang lebih seru tuh yang aslinya sih (panah maksudku).

  10. Lha saya tiga2nya malah enggak…

    Berenang? Gaya batu….tapi anak-anak pernah di kursuskan renang, walau hasilnya amburadul.
    Memanah? Hehehe….iya, di game center…
    Menunggak kuda? Bisa sih, asal kudanya dipegangi sama si abangnya…hehehe

    mangkum:
    Jah sama deh bu, diriku juga belum ada yg bisa…

Leave a Reply

