PEMILU Curat-Coret

Udah lama ga bikin tulisan prediksi nih. Kali ini, yang akan saya prediksi adalah mengenai PEMILU. Setelah baca di beberapa blog mengenai PEMILU ditemukan ada blogger yang apatis ada juga yang optimistis. Saya sendiri termasuk orang yang optimistis meskipun dengan jumlah peserta Partai yang saya ga bisa mengingatnya ada berapa. Saking banyaknya. Binun-binun deh tuh.

Yang ingin saya sorot adalah idenya Bapak MJK yang menyarankan mengganti cara pemilihan menjadi mencontreng a.k.a mencentang pada kertas suara dengan sebuah alat tulis. Alasannya di permukaan bumi ini, hanya tinggal dua negara yang PEMILUnya menggunakan metode mencoblos. Udah ga zaman lagi katanya.

Mendengar alasan ini, saya separuh ga setuju. Bukan ga setuju kalau “mencoblos” itu udah ga zaman, tapi penggantinya itu loh, mencontreng. Apakah mencontreng sudah mengikuti zaman? Eh ternyata tidak. Karena negara lain yang tingkat pendidikan rakyatnya lebih tinggi sudah menggunakan IT atau pensil 2B kek ngisi Ujian SPMB. Lah kita “masih” mencontreng. Saya rasa mencontreng ga lebih maju daripada mencoblos.

Malah, dengan ke-apatisan para pemilih, dengan diberikannya alat tulis, memberikan peluang untuk mencorat-coret kertas suara. Atau yang punya bakat seni, tidak menutup kemungkinan akan menyalurkan bakat seninya di atas kertas suara. Melukis. Tulisan2 tidak senonoh pun kemungkinan bisa hadir di kertas suara. Wah-wah… kalau emang prediksinya bakal seperti ini, “mencoblos” sepertinya jadi pilihan yang lebih baik daripada mencontreng deh. Namun, ada pihak yang diuntungkan jika memang ada tulisan2 tak senonoh nangkring di kertas suara. Pihak itu adalah MEDIA… hahaha…8x no offense ah. Jadi ada bahan berita heboh tuh, lumayan bisa naikin rating AGB Nielsen Media.

21 thoughts on “PEMILU Curat-Coret

  1. dulu mangkum 16x
    sekarang turun jadi 8x
    besok-besok jadi 3x sehari aja ya heheheh
    kayak minum obat

    OK aku juga mau tulis soal pemilu ahhhh heheheh

    EM

    mangkum:
    pemilu depan gatau deh mau berapa kali ketawa… asal jangan jadi 70x aja… capek & kering…

    iya tuh belum pernah denger cerita PEMILU di Jepang, Mba..

  2. waduh boss, saya nyerah kalo pemilu disuruh ngoret-oret pake pinsil 2b, mendingan nyontreng aja. mungkin kalo nyoblos KPU kuatir ada yang bunuh diri make paku di dalem bilik suara, opo ndak ngeri itu??๐Ÿ˜†

    mangkum:
    wakakakak…8x gawat tuh kalau paku buat bunuh diri. apalagi kalau di pakunya ada talinya, bisa buat gantung diri ya mas…harus sedia ambulance dong hihihi…8x (halah lebay.com deh)

  3. Kalau pakai pensil 2 B, nanti butuh pengadaan pensil lagi…
    Menggambar? Ide yang asyik juga bagi yang pintar menggambar, tapi kan nanti dipelototi orang kalau terlalu lama di bilik.

    mangkum:
    selain pengadaan pensil 2B harus ada pensil warna juga dong bu, masa gambarnya sketsa aja…๐Ÿ˜€

  4. Katanya kertas suaranya segede koran, lah bilik yg segede “upil” itu sudah nggak bisa dipakai dong ? Nanti pemilih bakal menggelar kertas suara seperti menggelar tiker sebelum mencontreng kali ya ?

    mangkum:
    Wah prediksi menarik nih Pak. Terus istrinya bawa nasi liwet sama asin peda n lalab sambel, kerupuk juga ga ketinggalan… (hayah..)

  5. bisa jelek2in partai yang bejat…hehehehehehehe
    mangkum..mangkum…sangking bingungnya milih partai yang banyak banget itu ya๐Ÿ˜€

    mangkum:
    bukan cuma partai tapi sama daftar calegnya itu loh…

  6. mengubah satu kebiasaan yang sudah ada berpuluh puluh tahun sebelumnya tentu nggak mudah ya Mang, sama seperti membiasakan dengan satu kebudayaan baru

    mangkum:
    iya, apalagi perubahannya ga penting kek gini… malah buang2 energi. padahal daftar pemilih tetap aja datanya kacow balaw. Gimana nih KPK KPU!

  7. mencoblos, mencontreng ato apapun juga…
    Tetep tidak memilih !๐Ÿ˜€
    Hidup golput !
    Tidak memilih juga suatu pilihan๐Ÿ˜‰

    mangkum:
    Golput itu beda dengan tidak memilih.
    Golput itu milih, kalau dulu nyoblos kalau sekarang nyontreng “area PUTIH” di kertas suara. Atau karena udah dikasih alat tulis, ya tulis aja “GOLPUT”!
    Jadi, tetep dateng ke TPS untuk mengekspresikan ke-GOLPUT-an. hehehe..8x

  8. wakakaka ntr malah ada yg nulis puisi ato surat cinta di kertas suara wakakaka …

    jd inget jaman sekolah, tembok, kursi angkot, ato pohon bs jd ajang corat – coret

    mangkum:
    weheheheh… masmoemet love moemetwati dong…

  9. Boleh juga tuh, bikin karya seni. Kalau nggak digambar-gambari, kalau udh bingung, kertasnya bisa dibuat prakarya. Gak jadi milih deh.๐Ÿ˜€

    mangkum:
    ahaha… origami… sayang loh kertasnya segede koran gitu, ngabisin berapa hektar hutan tuh…?

  10. No offense Mang ??
    None taken deh ..

    Hahaa..
    Diganti contreng, ‘coz si caleg sih takut ntar kalo coblosan sambil di-voodoo,, dibaca-bacain ..

    mangkum:
    duh gawat kalau sama voodoo di TPS

  11. hehehe….dapet inspirasi buat nyorat-nyoret, kan saya hobi nyorat-nyoret…
    tapi,,,,untuk yang satu ini, hobi nyorat-nyoretnya direm dulu…
    coz, sayang banget, duit yang dah dipake buat bikin kertas tsb..
    hehehe.., klo milih dengan cara ngebuletin, bakal semakin banyak orang yg males ka, soalnya ribet…
    mendingan coblos, praktis, meskipun jadullL…

    mangkum:
    makasih atas dukungannya…๐Ÿ˜€

  12. Ide yang bagus untuk curatcoret.
    btw pinsilnya bawa sendiri biar siip…
    Dan semakin asik jika bawa yg multikolor.
    salam hangat mangkum

    mangkum:
    sekalian bawa tinta minyak, biar bagus gambarnya…

  13. Emang kalau coblos tidak bisa buat ‘karya seni’? buktinya dulu pada pinter2…calon DPD pada dicoblosin pas di mata, hidung, mulut…sampe2 ada model yg dirajam…sadis…he he untung cuma gambar yach.

    Kalau model contreng…yang paling tersiksa petugas penghitungan suara di TPS termasuk saksi. Mrk musti mlototin tuch satu-satu…siapa tahu nyontreng lebih dari 1…palagi kalau tdk di contreng…bener nyebelin pastinya. Kalau model coblos…bisa ditrawang aja udah kelihatan lobangnnya dimana…tul nggak?

    mangkum:
    benul juga ya mas… merepotkan PPS kalau ga dicontreng atau contrengannya mini, duh payah nih. mencoblos emang lebih baik kan yaaa…?

  14. Aku curiga sahabatku Mangkum akan kekotak suara membawa begepok pinsil warna, krayon, cat air dan cat minyak berikut kuasnya sekaligus nih..๐Ÿ˜€

    *Panggil Tiam Keamanan pemilu buat kasih briefing dulu soal kemungkinan gambar menggambar dan conret mencoret disaat Pemilu dulu akh..* Jiakakakak:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s