Tenggelam…

Deep Indonesia 2009
Deep Indonesia 2009

Sebelumnya, turut berduka sama saudara-saudara saya di Cireundeu Tangerang atas jebolnya tanggul di sana. Semoga ujian kesabaran ini dapat meningkatkan level keimanan mereka. Amin.

Saptu lalu, saya mengunjungi sebuah exhibition yang bernama Deep Indonesia & Extreme Indonesia 2009 di JCC. Saya baru tahu ada exhibition kek ginian di JCC. Tahun ini, hajatan Deep Indonesia dan Extreme Indonesia digabung dalam satu waktu. Kenapa dateng ke acara ginian? Ceritanya lumayan menarik.

Keinginan SCUBA Diving terprovokasi sama acara jalan-jalan di Metro TV di Amerika Serikat. Di sana, ada pameran wisata dan booth Indonesia merupakan booth teramai karena memberikan doorprize diving di salah satu spot di Nusantara. Terus pas diwawancara, ada salah satu pengunjung yang bilang begini kira-kira,

“Orang Indonesia yang ga diving adalah bagaikan orang yang memiliki Ferrari tapi ga pernah memakainya”

Nah loh!

Setelah mengganti halaman About menjadi seperti ini, di mana saya bilang bahwa aktivitas yang ingin dilakukan adalah SCUBA Diving. Eh ternyata, temen baruku baca tulisan itu. Dia sudah pernah melakukan diving di perairan Sulawesi. Dia juga sudah mengantongi lisensi open water dari PADI. What a destiny! Dikasihlah diriku info mengenai SCUBA diving. Namun, infonya udah lupa karena dia udah lama ngambil kursus & ujian open water. Harganya juga pasti sudah berubah banyak due to the inflation. Makanya, saya dikenalin lagi sama temen kantornya yang ditakdirkan sedang mengambil kursus dari Planet Diving. Chattinglah diriku dengan dirinya. Dan kata dia, akan diskon besar-besaran mulai dari kursus sampai dengan peralatan scuba diving di acara Deep Indonesia ini.Wah takdir memang hebat, pas butuh eh potensi ada di depan mata.

Saya sama temen datenglah ke acara itu hari Sabtu kemaren jam 11. Langsung aja tanya ke Planet Diving yang direkomendasikan temennya-temen saya itu di mana dia juga berpesan mengancam diriku buat daftar kursus di Planet Diving, sekalian sebut namanya di sana (sebagai referensi). Tapi, bodor sekali selembaran yang disebarkan Planet Diving ini. Katanya,

XPRESS PADI OWD Course: Self Study + 2D1N trip only Rp799.000 *)

Eh pas ditanyain, ternyata 2D1N tripnya belum termasup, bodor kan??????? (perhatikan jumlah tanda tanyanya!). Secara total, belum termasuk biaya sewa peralatan, untuk kursus open water lisensi PADI kira-kira sebesar Rp2.829 rebu dengan tempat 2D1N trip di salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

Muter-muter-muter akhirnya jatuh juga pilihan ke Planet Diving. Secara di tempat lain yang kita tanyain, harganya kurang bersaing. Lebih mahal karena tempat divingnya jauh dari Jakarta dan beberapa hari nginep di hotel. Untungnya, kita bisa booking dulu Rp200 rebu untuk kursusnya dengan waktu kursus bisa ditentukan di kemudian hari. Wah baguslah, ada kesempatan buatku kursus berenang a.k.a mengambang dulu…😛

al-Hamdulillaah… keinginan saya hampir tercapai. Oya, kalau tertarik, acara Deep Indonesia 2009 berakhir besok, Minggu 29 Maret.

Eh pas chatting sama Lia, ternyata dia punya kenalan instruktur diving yang pernah dia wawancarai. Duh tau gitu barengan aja kursus di sana, kan bisa diskon. Ah ternyata ini juga takdir. Emang tabunganku sama temenku harus mengalir ke kasnya Planet Diving.

17 thoughts on “Tenggelam…

  1. Kalau ada niat, insha Allah jalannya akan terbuka. Nah, jalanmu udah kebuka tuh Mang. Jadi kursusnya mulai Juni Juli seperti rencana sebelumnya? Selamat belajar renang dulu deh😀

    mangkum:
    OK ok, makasih….

  2. Hahaha mang! Sama geuning nonton Ferrari, eh tentang liputan Metro tea.
    Urang masih inget tah quote-na😛

    mangkum:
    tuh bener kan ente nonton oge geningan…
    terprovokasi euy…

  3. Diving? Kayaknya asyik tuh…apalagi jika melihat foto mas Iman (manusia Kursi 2009) tentang dunia bawah laut yang bagus-bagus itu.

    mangkum:
    wah siapa tuh mas Iman…? mesti cari tau nih…

    hayah, dikirian manusia kursi apaan… tertipu diriku bu en.. hehehe….
    chairman Pestablogger 2009 ternyata.

  4. Saya bisa renang tapi diving belum pernah
    Apa aku punya uang ya untuk ikut kursus juga😀

    mangkum:
    Kalau punya keinginan sih ada aja kali, kang… hehehe..8x

  5. Sampurasun,
    nasib2 ha…haa…
    MangKum diving di walungan heula, tos pinter nembe kursus,
    salam kenal.

    mangkum:
    waduh di walungan jangan dulu deh, maenya diving di Ciliwung?

  6. Dari dulu saya bertanya-tanya tapi belum kejawab juga, kalau belajar diving musti bisa renang nggak ya ? kan sama aja harus tenggelam namanya juga nyilem … hehehe. Kalau harus bisa renang yah harus kursus renang dulu dong saya … hehehe🙂

    mangkum:
    Nah saya juga mikirnya gitu Pa. Kan pake pelampung sendiri. Tapi gatau juga ya…

  7. kalo pas berenang sama BJ ku aku suka lempar koin ke kolam renang terus kami royokan nyelam, siapa cepetan dapatan tuh koin😀 divingnya cuma di kolam renang, terakhir pas ke bali bisanya cuma snorkling😛

    mangkum:
    wah seru sekali mba ely, sayang diriku belum punya bojo sih mba…

  8. kamu udah daptarin aq sama bongky belon fu??

    mangkum:
    Ya pas gw ke sana lagi, ternyata mesti booking raftingnya 50%. Mana gw punya duit segitu buat 16 orang. Setelah gw cari2 tempat rafting lain, ada yang lumayan murah diskon 20% jadi sekitar Rp210rebuan. Lebih mahal Rp25rebu dr sebelumnya. Tapi masih mau kan? Harinya nanti nunggu keputusan rombongan terbanyak: temen2nya temen gw. Gw ngikut aja sih…

  9. Mang, kalo diving mesti bisa berenang ga?

    I can’t swim😦

    tapi mau banget liat2 alam bawah laut yang katanya indah itu (katanya lho – coz i haven’t seen it by my self)

    mangkum:
    sama dong ga bisa renang.
    mendingan kursus renang dulu deh, kek gw ini… at least bisa ngambang lah…

  10. Pengen banget bisa merasakan menyelam di laut, Mang, tapi biayanya kok mahal buanget ya?
    Sekali lagi penghargaan kita terhadap sesuatu diuji. Naik haji yang 30 jutaan kita jabanin dengan menabung bertahun2 (sekarang baru rencana hi hi..).
    Tapi kalau untuk menyelam yang hanya 10% dari naik haji kayaknya kok masih sayang.
    Jadi, benarlah kata sebuah ungkapan,”Kalau sudah suka, apapun dan berapapun biayanya akan kita uber”.
    Untuk sementara, nyelamnya di kolam renang aja dulu, ah…

    mangkum:
    hehehe… setuju sekali bang!
    tapi bingungnya nentuin prioritasnya, malah buat ke haji, gw belum nabung sama sekali nih…

  11. Kalo dianalogikan ma ferrari,, mang rugi ya punya tapi gak dipake ..
    Heee😀
    Aku juga gak bisa berenang Mang ..

    mangkum:
    Yuk belajar renang…!

  12. Wah… orang Amerika komentarnya agak2 ngawur juga ya?? Itu sama aja seperti bilang begini: Setiap orang Amerika yang belum pernah main ski di Aspen (Colorado) bagaikan ia punya Rolls Royce tapi ia tidak pernah memakainya. Atau lebih ngaconya ekstrimnya orang Amerika yang belum pernah naik pesawat ulang alik Discovery itu sama dengan orang yang punya pesawat jet pribadi tetapi ia tidak pernah menaikinya… huehehehe…..

    mangkum:
    Haduh… saya ketawa2 nih bacanya, mas yari…
    Bisa aja nih…! Tapi gw setuju kok sama perandaian komentar itu mas.. hehehe…8x

    Oya ini komentar lain dari bule tentang bawah laut Indoneisa di acara itu mas: “We spent thousand dollars to dive in Indonesian waters”. Padahal orang Indonesia cuman ngabisin paling banter Rp5juta buat diving. Terus ini “80% gambar bawah laut terindah yang ada di dunia, berasal dari perairan Indonesia”. Jadi wajar lah, kalau saya terpancing provokasi…

  13. Saya bisa membayangkan betapa indahnya..
    Dulu pernah snorkling di dekat Bunaken. Wow… gak terungkapkan dengan kata2.. Keindahan biota laut diantara karang2 indah… ikan yang tiba2 bisa datang dengan jumlah ribuan dan bergerak searah.. warna2 memikat.. lalu tiba2… BANG.. GELAP.. HITAM… Uh.. ternyata ada palung laut curam yang dalamnya bisa ribuan meter…dan aku langsung ngibrit lagi kepinggir pantai.. sambil ngebayangin kalo tiba2 muncul Hiu Putih atau Barakuda dibalik kegelapan itu… Jiakakakak..😀

    *Emang dasarnya penakut, susah..!!*

  14. Wah, kenalin dong sama temennya Lia yang instruktur diving itu. Secara takdir, mungkin saya disuruh mampir ke blog kamu biar dapet diskon pas kursus diving nantinya.

    Sampein ya… ya… ya…

Leave a Reply

