Ga Kenal, Ga Kenal, Kenal!

Ada orang yang sangat males ketemu orang asing apalagi membuatnya menjadi temen baru. Sebaliknya, ternyata ada orang yang giat pengen kenalan dan ketemu sama orang baru. Anda termasuk yang mana?

Kopdar Bloggers Pissa Cafe
Kopdar bloggers++ di Pisa Cafe

Kalau saya (meskipun ga ada yang nanya๐Ÿ˜› ), termasuk orang yang males ketemu orang asing. Waktu kecil, kalau lebaran, biasanya silaturahim ke tetangga-tetangga dan kumpul keluarga besar, si Ujang (masih inget kan panggilan diriku pas kecil?) suka salaman sambil membuang muka ke arah berlawanan. Yang diajakin salaman, ketawa sambil nyubit pipi tembem si Ujang (waktu kecil saya gendut loh). Mungkin dari sinilah bibit-bibit saya jadi agak-agak anti sosial. Hm…

Tapi sekarang berbeda. Saat kuliah, seringkali ketemu kelompok baru. Pindah dari kelompok lama yang sudah nyaman ke kelompok baru yang belum tentu nyaman. Atau masuk ke sebuah komunitas yang sudah berdiri lama. Hm… ternyata pas dicobain dan dialami sendiri, rasanya menyenangkan. Setelah tau kalau membuat teman itu menyenangkan, keengganan menambah kenalan atau sekedar kumpul dengan “orang asing” lama-lama semakin terkikis.

exhausted-at-kl-7
Ibackpackerclub

Termasuk juga, pas ketemu rombongan backpacking Asia Tenggara tahun lalu. Yang baru ketemu muka (kopdar) sebelumnya cuman empat orang. Itu juga baru satu kali, sebentar pula. Selainnya (lebih dari sepuluh orang), belum pernah ketemu sama sekali. Jadi, kita ketemu langsung di Singapura untuk melakukan perjalanan bersama selama lebih dari seminggu ke Malaysia dan Thailand. Bayangkan, sekitar 10 hari bersama orang baru kenal di negara orang lain pula! Ini merupakan sebuah prestasi Gilang Gumilang (hehehe..8x kek nama sahabatku, Elang Gumilang, eh btw dia udah masup HIPMI ga ya?) dalam kehidupan sosial saya. Ga disangka pula, “keluarga baru” ibackpacker ini sangat-sangat menyenangkan. Ga pernah ketemu komunias kek gini sebelumnya. Akhirnya…, di setiap kegiatan ibackpackerclub, dengan senang hati saya ikuti sambil pengen kenal sama members ibackpackerclub lainnya.

Dari pengalaman ini, kalau ada kopdar-kopdar bloggers saya ikuti dengan ekspektasi bakal menjadi pertemuan yang menyenangkan. Dan ternyata benar, saya telah membuktikannya sendiri. Menyenangkan sangat.

Oleh karena itu, beberapa aktivitas internet yang bisa bikin temen baru saya cobain. Tapi so far, saya baru tau tiga aktivitas online yang bisa nambah temen, yakni ngeblog, mailing list dan club cooee. Tapi yang paling top itu ya tetep, blogging. Facebook dan jejaring sosial lainnya buatku ga nambah temen baru tapi bisa menguatkan pertemanan baru selain menemukan teman lama, jadi ga saya ikutin.

Mungkin sekarang, diriku malah termasuk salah seorang yang memiliki teman terbanyak dibanding temen-temen kuliah. Mungkin temen-temenku yang ga ngeblog, ga aktif di mailing list, ga nyooee, ya itu-itu aja temennya selain kolega di tempat kerja. Bayangkan saja, seorang blogger bisa memiliki teman baru yang cukup banyak ga terbatas teritorial, temen dari Jakarta, Bandung, Jogja, Malang, Palembang, Riau, Kalimantan, Sulawesi, Jerman, Australia dan Jepang. Inilah indahnya ngeblog, iya ngga Om NH?

Club Cooee
Club Cooee: Uncle Kumlod, Kuuki, Ndhaa (miss u all)

Hm… ini sungguh sebuah akselerasi sosial buatku. Di tambah lagi, kalau kita aktif di Cooee. Beneran deh, Cooee bisa nambah temen super cepat dari negara-negara lain, kalau emang mau dan berniat. Tapi kalau engga, ya… bisa nambah temen orang Indonesia aja udah lumayan banyak, tapi kebanyakan abege (males ah).

Bagaimana dengan Anda? Dalam setahun terakhir, selain kolega di tempat kerja, sudah berapa teman baru yang Anda punya?

Oya, lebaran terakhir, kalau saya udah ga segede gini, saya masih pengen membuang muka sambil salaman sama tetangga-tetangga di Cianjur. Hehehe…8x ternyata masih ada aja sisa-sisa anti sosial dalam diriku.

32 thoughts on “Ga Kenal, Ga Kenal, Kenal!

  1. kenalan kenalan kenalan!!!

    hehehe sama dulu aku juga kuper banget. Sampai SMA (padahal pengurus OSIS loh)
    Di Univ baru dipaksa untuk bersosialisi, dan pertama kali bisa berpidato di depan umum (mau ngga mau soale Ketua hahaha + pake bahasa Jepang lagi huaaaa)
    Ke Jepang, waaah kalau tetap dnegan sifat malu, bisa-bisa aku bunuh diri. So, tebar pesona sana-sini bikin kenalan terutama dengan murid-murid bhs Indonesia.
    Sampai dengan 6 th yang lalu, temanku lebih banyak orang Jepangnya hehehe. Baru setelah chatting dan blogging mulai banyak teman Indonesianya. Eh sampe ketemu MangKum juga tuh hehehe.

    Saya rasa kunci dari segalanya adalah PEDE. Begitu pede, ya apa juga dilabrak hehehe. Nah bagaimana spy pede itu yang perlu proses dan latihan. Ada yang berhasil sukses dalam waktu cepat, ada yang lambat atau ada yang tidak sukses sampe mati.

    salam kenal ya MangKum hahahhaa

    EM

  2. Saya termasuk suka berteman sejak dulu, mungkin karena memang kebetulan dunianya membuat harus berteman. Sekolah di IPB juga memaksa selalu berusaha kenal orang baru, lha bagaimana kalau kita harus cari data, mewawancara petani dsb nya. Pekerjaan juga membuat semakin harus bersosialisasi, karena tanpa informasi dan dukungan teman, pekerjaan tak ada artinya, karena keberhasilan pekerjaan sebagain besar adalah bagaimana cara kita mengelola team work ini.

    1. Kalau bahan pembicaraan emang susah sih buat saya yang ga talkative. Pasti ada (banyak) jeda, diem2an. Siasatnya jangan ketemu berdua. Ajakin yang talkative.

      Tapi kalau baru kenal lumayan masih ada topik, bisa tanya2 kek tempat tinggal, background dll.

  3. wah.. chie dulu termasuk orang yg takut sama orang baru.. takut ga nyambung.. malah sampe takut salah ngomong yg bisa jadi permusuhan..
    tapii setelah mengenal blog.. chie sadar.. kayaknya menyenangkan punya banyak temen.. pengen ikut kopdar2an tapiiii…. T_T

  4. Blogger Mang… kurasain beda ya ma jejaring sosial macam pesbuk n prenster…
    Di sini sumpah deh, aku bisa kenal ma orang-orang hebat …
    (dan ini maksudku semua blogger,, hehee )

    Tapi masalahnya,, aku belum ada kopdar sekalipun …
    Pengeeeenn Mang ….

    1. Di blog lebih seru (dan sedikit lebih serius) daripada situs jejaring sosial. Bisa tau juga isi otak dan hati si empunya blog. Buat lebih akrab sih ya mesti kopdar. Kapan ya gw ke Jogja?

    1. iya nih, pas diceritain orangtua, jadi pengen ketawa… luetik-leutik meni somse pisan… hahaha

      tapi gw ga backpacker banget sih. lebih pasnya ada istilah baru flashpacker, ga harus tidur di stasiun or terminal tapi nginep di hotel pula atau milih naik pesawat dibandingkan kereta/bis kalau budgetnya cukup. bergantung budget dan pengalaman yang ingin diambil.

  5. Mang, mbok saya diajarkan cara berteman, saya lebih parah lagi udah mati gaya aja kalo ketemu orang, gak mood mau ngomonk apa, apalagi sama group2 yang pilih2 kelas bergaul, tambah speechless

    1. hayah.. mas Wid salah alamat.
      Cerita aja pengalaman sendiri, kadang ada orang yg seneng denger cerita gitu, ada juga yang enggak… daripada diem kan?

      Kalau grup yang pilih kelas bergaul mah, ke laut aja deh. Toh males juga bergaul sama orang kek mereka.

  6. wuiiih banyak juga temennya..
    slamat ach…
    pernah denger lirik ini ngak..
    ” Selama ini kumencari – cari
    Teman yang sejati
    Buat menemani
    Perjuangan suci

    Bersyukur kini pada-Mu Ilahi
    Teman yang dicari selama ini
    Telah kutemui

    Dengannya disisi
    Perjuangan ini
    Tenang di harungi
    Bertambah murni kasih Illahi

    Kepada Mu Alloh
    Kupanjatkan doa
    Agar berkekalan kasih sayang kita

    Kepada mu Teman
    Kupohon sokongan
    Pengorbanan dan pengertian
    Telah kuungkapkan segala – galanya

    ……”

    slalu saja ada makna dalam setiap pertemanan
    walau kita tak/belum pernah jumpa….
    tanks bro…

  7. Mang,, ada yang menghibur aku karna berduka pasca golput. Aku dikasih award, dan sekarang aku estafetin ke kamu ..
    Pliz jangan merasa direpotkan,, ambil yaa..
    gak perlu ke Jogja kok๐Ÿ˜€
    just one click away …

  8. Banyak teman banyak saudara…aku suka berkenalan dengan banyak orang dan alhamdulillah sampai sekarang masih komunikasi dengan mereka semua…dan tentunya senang berkenalan denganmu juga Mangkum๐Ÿ˜€

  9. Orang baru…
    Siapa takut…
    Orang hutan…
    Pasti kabur…. ha..ha…ha..๐Ÿ˜›

    mangkum:
    hahaha….
    tapi gw masih penasaran tuh kopdar yang itu, mas…๐Ÿ˜›

  10. Untuk beberapa orang memang susah ya memulai perkenalan dengan orang yang baru kenal.

    Seru banget kayanya ada kopdar. Next time boleh deh dikasih tau infonya.. ^^

    mangkum:
    woh ok deh Ziz…
    Btw tinggal di manakah?

Leave a Reply

