Kejebur Euy..!!

boatgwnih
Rafting Cicatih

Weekend ini, sesuai dengan rencana sebulan sebelumnya, saya dan groupnya Asep, berarung jeram ria di sungai Cicatih. Sebelumnya kami kebingungan milih antara sungai Cicatih dan Citarik. Namun kebingungan terurai setelah mendapatkan respons dari rekan milis Natrek (Nature Treker). Kata mereka, Cicatih yang memiliki grade 3-4 lebih menantang daripada Citarik. Lalu, kami membandingkan manakah operator termurah setelah diskon di Sungai Cicatih? Jatohlah pilihan kami pada Riamjeram. Biayanya per orang Rp209.400,- untuk Adventure Rafting sejauh 12 km. Harga sudah termasuk welcome drink dan gorengan, kelapa muda di pit stop, makan prasmanan ala Sunda di Finish line, transportasi dari meeting point ke Start line dan dari Finish line kembali ke meeting point. Biaya juga sudah termasuk photo group dalam bentuk CD. Perlu diperhatikan bahwa photo action di sungai belum termasuk dalam harga ini.

Kami menyewa bis Hiba Utama 25 seats menuju meeting point riam jeram di bilangan Warung Kiara Jl. Palabuan Ratu Sukabumi. Harga sewa bis Rp1.15 jutaan. Tim kami berenam belas yang dari awalnya berdua puluh dua orang. Berangkat dari Jakarta sekitar jam 6 pagi, sampai di meeting point pukul 9.40.

Setelah ganti kostum di meeting point, kami digiring ke Start line di Sungai Cicatih. Makan gorengan, minum, pilih pelampung, helm dan dayung, serta pasang karet buat yang berkacamata. Saya pikir karetnya ada karet khusus, ternyata bo, karet gelang diiket-iketin gitu. Salah sangka deh eik.

Kami dibagi dalam tiga board dengan komposisi lima-lima-enam belum termasuk satu instruktur. Session satu, ada 7 jeram. Pertama-tama, air tenang. Kami main-main mendorong temen satu board biar jatuh. Saya ga mau jatuh, pegang erat-erat, karena ini kali pertama mataku pake softlens. Dua orang kena jadi korban, hehehe… Eh ternyata si instruktur punya ide licik. Board kami mau dibalikinnya. Kami diperintah kiri-kiri yang artinya, rafter yang di sebelah kanan mesti pindah duduk merapat ke kiri. Saya sama Rike yang di sayap kanan, bergerak ke kiri mendekati Teguh, Yuli dan Wiwid. Tapi kami curiga, kok arus tenang kita mesti melakukan kiri-kiri? Siasat si instruktur tercium, langsung aja saya sama Rike segera pindah ke kanan lagi. Dan… usaha si instruktur untuk menjungkirkan board ga berhasil. Ahahaha… Setelah itu, kadang, kami jadi harus mikir-mikir dulu sebelum melakukan perintah dia. Kecuali, perintah dia di jeram, wajib dipatuhi.

Di jeram tujuh: Zigzag, si instruktur bilang, jangan sampai ada yang terjatuh dari board. OK. Kami mendengar itu. Di jeram pertama board agak belok ke kiri. Board bagian depan kanan turun duluan. Itulah tempat duduk saya. Eh ternyata temenku yang di kiri, Teguh,Β  ga kuat nahan beban tubuhnya. Dia terhempas dan menghantam diriku. Tangan kiriku masih kuat menggenggam tali bagian dalam board sementara tangan kanan megangin temenku. Tapi ga tertolong, temenku udah kadung kejebur, saya lepas Teguh. Tapi ternyata tubuhku juga udah sebagian besar masuk ke sungai. Mau tetep pegangan di tali takut patah tulang tangan. Yaudah, saya mengikhlaskan diri jatuh terbawa arus di jeram zigzag itu. Teguh udah mengalir duluan. Saya mengikuti di belakangnya. Tapi nahas nasibku. Teori kalau jatuh disuruh terlentang dengan kepala di depan ga bisa dilakukan, karena emang itu sedang di jeram. Malah kakiku kebawa arus dan bergerak vertikal mundur. Halah aing mah. Tubuh kebentur-kebentur jeram. Saya kelelep sodara-sodara di kedalaman air yang lebih dari dua meter. Saya bisa menguasai diri agar jangan panik. Kugerak-gerakan tangan dan kaki biar bisa muncul ke permukaan. Tahan napas. Alhamdulillah saya berhasil muncul meskipun masih diseret arus jeram. Tapi saya juga masih membentur jeram. Rekan setimku yang asalnya ketawa-ketiwi riang di board jadi panik. Ini serius.

Tubuhku menabrak satu jeram besar. Kemudian pecahlah jeram itu menjadi dua bagian. Satu bagian menimpa diriku. Dan aku terhempas dihantam gelombang air akibat batu yang jatuh itu. Hahaha… cerita bagian ini lebay.com jangan dipercaya…πŸ˜›

Lanjut lagi… Untungnya saya kebawa ke pinggir kanan dan berhasil merangkul batu besar. Kaki bergetar lemas. Disuruh renang ke board timku, ga mau ah, masih lemes. Istirahat dulu sebentar, terus naik board rescue team. Saya melanjutkan rafting di board rescue team itu. Tapi salah satu rescuer juga malah terlempar di sisa jeram zigzag itu. Hayah… bahkan rescuernya aja terhempas. Itu adalah jeram terakhir sebelum pitstop.

Setelah istirahat, narsis, makan gorengan, kelapa muda dan bersihin luka, kami melanjutkan kembali menuju finish line. Ternyata, sisa jeram ini lebih gaswat. Boardnya Asep, Nowo, Dian, Evi, Ikko dan Risa kebalik. Untungnya rescuers deket dan boardnya Wanto, Fadli, Treffi, Riki dan Didik bisa membantu. Kecuali Nowo. Dia mengalir menuju dan melewati satu jeram sendiri. Jauh banget. Kasian euy si Nowo. Hehehe… Tapi antara gw, Teguh sama Nowo, cedera gw paling parah euy, tapi ga parah. Cuman bared dan lebam di tangan kiri dan lutut kiri.

Sampe di Finish Line, kami mandi bilas dan makan siang ala Sunda sambil narsis. Kemudian naek angkot ke Meeting point untuk pulang ke Jakarta. Tapi sebelumnya, mampir dulu, ngebakso di Bakso PMI di bilangan Indraprasta 2 Bogor. Nyampe kosan di Jakarta jam setengah sepuluh.

Seru bow! Thanks ya guys and gals. Makasih jazakumullah juga buat Mang Asep yang telah jadi bendahara dan Wanto sebagai seksi transportasi. Next adventure ke mana nih kita????

35 thoughts on “Kejebur Euy..!!

  1. aduuuh
    ngga deh aku kalo arung jeram…
    ngga bakal mau nyoba
    hihihi

    bungee jump juga!(ngga mau nyoba gitu)

    EM

    mangkum:
    Nah kalau bungee jumping, gw juga masih takut… Takut gerak jatuh bebas atau talinya putus/lepas atau tulang patah dan sendi lepas…

  2. Disuruh renang ke board timku, ga mau ah, masih lemes.

    Lah,, udah bisa berenang, Mang ..??πŸ˜€

    mangkum:
    Bisa dong, orang cuman disuruh renang 3 meter aja…

  3. Jadi inget arung jeram di dufan.
    Selama bertahun-tahun mengira itu adalah wahana sejenis niagara-gara.. ternyata pas ikutan.. ^^

    mangkum:
    Hahaha… setelah ini kita arung jeram di Dufan. Hahaha… turun darjah…πŸ˜›

  4. asyik banget pas gw kejebur buat kedua kalinya pas perahu kebalik itu.. sayangnya gw ga inget kejadiannya, tau2 dah gelap tubuh gw kelelep di balik perahu hahaha..
    pas di jeram yang namanya jeram panjang pula..
    teori buat naroh kaki di depan sama sekali ga bisa dipraktekin.. buat muter tubuh aja susah bener.. yaudah deh..ngikut arus aja =))
    thanks buat Mangkum yg udah atur trip ke citatih.. had a real fun there.. looking forward for the next trip!!!

    mangkum:
    Seep, thx juga buat semua rombongan. Ternyata rafting tuh seru kalau banyakan…πŸ˜€

  5. Harusnya tuh jeram dikasih namaku plus nama-nama peserta yang perahunya terbalik, masak cuma Pak Marzuki Usman ajah sih…:D

    Aku belum sempet bikin tulisan adveture kita..thanks aniway..

    mangkum:
    Kan ada satu jeram yang masih belum dikasih nama, Vi. Tapi ga ada yg jatoh sih di situ…. Ahahaha…

  6. woahahhaa, rik yang pengen banget kejebur ps jeramnya koq ga’ kecebur2 yaks ? hahhhaa……=))beruntung tuh mangkum, qta masih sempet liat muka dramatis mangkum keseret2 air plu nempel batu (yang samp batunya kebelah dua itu lho…..:D), hahaa, sayang ga’ ada potonya, heu…

    yuuks, kapan2 maen2 lagi….(^_^)

    mangkum:
    Dalem hati gw sih pengen juga tuh kejebur di jeram tapi karena gw pake contact lens, gw takut lepas aja tuh lensa. Ahahaha tapi akhirnya terkabul juga jatuh iya, softlens lepas iya juga…. Hehehe…. Ga kapok ah! Pengen perahu kebalik gw nih kek groupnya Ikko..πŸ˜€

  7. dua hal yang saya perhatikan sering dilakukan di sini,
    makan terus narsis.

    mangkum:
    Wakakakak… pengamatan yang sangat tepat…!!!!
    Eh sebenernya bukan narsis sih, tapi bukti. Kan kalau ada yg nanya, udah pernah rafting? Jadi ga usah banyak ngomong, tinggal tunjukin aja foto nya… ahaha… ngeles.com

  8. huaaa… rafting euy…

    belum kesampean nih…
    eh mang, ntar kalo saya n temen2 mo arung jeram, mau ya jadi pendamping?

    *kedipkedipmatasokganjen*

    mangkum:
    weks mau rafting di mana nih? kalo di Surabaya, boleh deh tapi gw diongkosin…πŸ˜›

  9. akhirnya keluar juga…sengaja jatohin diri Mang Kum nih!!
    biar bisa bikin heboh di blog…foto lukanya masih sama sayaπŸ˜€

    mangkum:
    Wakakak enak aja, gw kan ga cari popularitas macem Rikeu…πŸ˜›

  10. wah, murah juga ya 209rebu 12km udh plus macem2…
    no tlp.nya boleh minta mang?

    mangkum:
    Itu mah kita dapet diskon 20%, Ka. Karena kita dpt info dari acara Deep Indonesia di JCC bulan lalu itu.
    Tanya2 aja semua operators dapet diskon berapa?, nanti bandingin.
    Ada riamjeram.com sama cheroadventure.com

  11. Kalau aku udah trauma arung jeram setelah jatuh dan babak belur di Pengalengan tempo hari. Padahal lokasinya cuma tali air, tapi airnya deras banget dan banyak batunya. Kaki dan lututku baret-baret sampe beberapa minggu baru sembuh. Kapok deh…Entah kalau ada yang ngajakin satu perahu dengan Dian Sastro…Gubrakkkk

    mangkum:
    tali air apaan sih bang????
    Wah kok kapok sih? Keknya terluka parah nih si Abang.
    Gimana kalau satu perahu sama Buduk atau Tukul, bang? Biar Dian Sastro sama Luna Maya bareng saya aja… *ahahha… dunia hayal…*

  12. saya diajakin istri rafting blom kesampean, udah diejek-ejek mulu dibilang saya ndak berani. asem!πŸ˜†

    mangkum:
    emang ga berani kan?
    ngaku aja deh sama istrimu….πŸ˜†

  13. whuuaaa… seruuu bet lah pokoe kmrn it.
    iya mang, pas diem d batu wajah ny nelongso bgt lho, syg qta ga punya bukti ny..πŸ˜›
    next trip kmn niy??

  14. seru banget sih mangkum….ajak2 kek😦

    ohya gw dalam beberapa hari akan tiba di jakarta, gw tagih wisata kuliner bareng dirimu dan mbak yoga ya…yuks yuks

  15. Ahahahaha… Tampak menyenangkan!
    Aku juga pernah mang,, tapi di probolinggo.. sungai apa ya, lupa..

    Yang aneh sebelum naik ke perahu, masing2 dikasih bekal satu botol aqua..
    Lha gimana ngebawa-nya coba.. Meskipun si aqua uda dicoba diselip2 di perahu tapi kan perahunya dijungkirbalikin gtu.. Aqua-nya pun hanyut tanpa sempat diminum..

    1. Iyah, malah keduluan sama narpen pas trip kemaren ke Bromo itu kan ya (bener ga? lupa hihih..)?

      Hm… di mana2 sama, intstruktur emang jail…πŸ˜›

    1. Hahaha.. duh malah hebat mas Harjo bisa semurah itu di tiga negara…

      Kalau ini mah tinggal masuk aja ke website riamjeram.com, arusliar.co.id atau cheroadventure.com. Telepon aja mereka dan tanya ada program diskon ngga? Harusnya sih ada…πŸ˜€

      Untuk bis, yg murmer mah pake HIBA, hibautama.com. Harga yg sebenernya malah lebih murah daripada yg tercantum di websitenya. Mungkin ada diskon juga.

      OK deh, ngga susah buat rafting mah. Salam Perahu Kebalik! Hehehe…8x

  16. Hm.. aku dulu suka sekali Rafting dan sudah mencoba kedua sungai itu. Emang sih, lebih seru di Cicatih yaa..πŸ™‚

    Jadi pengen Rafting lagii..πŸ™‚

Leave a Reply

