Backpacking Lagi…!

Ada banyak aktivitas, tapi binun mau nulis yang mana ya? Hm.. yg ini aja deh…πŸ˜› Jangan protes ya..!

Backpacking 2008
Backpacking 2008

Dalam tiga hari terakhir ini, milis jalan-jalan yang saya ikuti baik itu ibackpackerclub ataupun indobackpacker lagi rame. Pasalnya, sejak tanggal 12 sampai dengan 15 Mei 2009, which is today, AirAsia (AA) menggelar promo tiket Rp0. Kita cuman bayar biaya administrasi dan airport tax aja.

Rabu Shubuh, saya dapet imel dari Pak Momod iback mengenai hal ini. Ga menunggu lama, langsung disusun rute ngga jauh-jauh. Negara yang dikunjungi masih yang kemaren. Ke Asia timur: Maccau, Hongkong, Shanghai, masih belum tertarik. Padahal gw punya gen China. Hm… Tapi kalau ke Beijing berziarah ke Great Wall pengen banget, tapi belum ada flight AA ke sana.

Backpacking 2008 lalu, gw ngga jalan2 ke Singapura karena mepet waktu itu cuman numpang lewat doang untuk segera menuju Kuala Lumpur pake bis. Oleh karena itu, kali ini saya sempatkan maen-maen di Singapura. Dari Singapura lanjut ke Bangkok. Seberernya males sih ke Bangkok tapi karena mengakomodasi rombongan yang belum pernah dan pengen balik lagi, jadi ya ikut aja. Dari Bangkok ke Phuket. Nah ini tujuan utama gw selain Singapure. Di Phuket pengen coba diving dan liat Phi-Phi Islands. Di backpacking 2008 lalu, gw baru ke Four Islands (sekitar Phi-Phi Islands) tapi dari Arah Krabi, Thailand Selatan. Nah kali ini gw dari arah utara.

Dari Phuket pengennya langsung pulang tapi ga ada tuh. Jadinya mampir di Kuala Lumpur dulu, pusatnya AA. Nemenin rombongan yang belum pernah kemari, gw stay satu malam aja di KL. Habis dari sini, pulang deh ke Jakarta.

Singkatnya itinerary backpacking 2010 adalah: JKT-SIN-BKK-PHU-KL-JKT. Semua menggunakan penerbangan AirAsia promo Rp0, dengan total biaya Rp1juta.

Waktu backpacking masih lama sih, 10 bulan lagi, bulan Maret 2010 selama 8 hari saja. Semoga masih ada usia dan diakaruniakan kesehatan pada periode backpacking tahun depan. Persiapannya panjang nih, harusnya bisa menemukan penginapan yang lebih baik (murah meriah) dan objek yang lebih menarik.

Ada kejadian menegangkan kemaren pas booking. Terjadi duplicate booking antara temen gw dan gw sendiri. Dalam satu penerbangan yang sama kita booking dua kursi untuk empat orang. Wew, untungnya bisa dibatalkan. Jadi, begini tipsnya sodara-sodara kalau terjadi duplicate booking:

1. Catat kedua Booking Number yang terduplikasi.
2. Telepon ke call center AA
3. Operator akan bertanya data2 yang dibutuhkan termasuk Booking Number itu.
4. Dana yang udah masuk ga bisa di refund, tetapi masuk ke account credit kita di AA dengan jumlah uang yang sama dalam mata uang MYR.
5. Account credit itu berlaku selama tiga bulan.

Alhamdulillaah, untungnya masalah bisa teratasi dan uang saya aman…πŸ˜€

Hari ini hari terakhir booking. Silakan searching dan booking di webnya AA: http://www.airasia.com, semoga masih dapet tiket Rp0 untuk periode terbang Januari 2010 sampai dengan April 2010. Kalau belum punya passport, kosongin aja form passport di halaman pemesanan. Nanti setelah passport jadi, kirim email ke malaysia-support@airasia.com dengan meng-attach scan passport dan dengan Subject email: Booking Number(s)nya. Kemudian telepon ke call center AA. Maka data passport akan terupdate.

Hal yang harus diperhatikan buat backpackers adalah: harus punya passport yang available, maksudnya tanggal kadaluarsanya mesti lebih dari enam bulan. Jangan mepet-mepet, mendingan segera update tuh passport daripada nanti bermasalah di imigrasi negara orang lain. Repot kalau udah begini. Bisa-bisa kita ditandain dan nanti-nantinya akan susah masuk ke negara itu lagi. Selain passport, pastikan Anda sudah memiliki kartu NPWP biar ga bayar fiskal. Soalnya biaya fiskal mahal banget (sekarang Rp2juta ya?). Hm… total tiket pesawatnya aja cuman Rp1juta.

Segitu dulu, update blog dan tips dari saya. Yuk mari! Salam backpacker!

NB: Kali ini gw jadi guide. Kalau sukses, bisa buka usaha EO wisata nih…πŸ˜›

32 thoughts on “Backpacking Lagi…!

  1. Salam kenal, saya, teman Imelda Coutrier..kebetulan mampir ke blog ini, setelah mampir blognya Imelda. Tulisannya menarik banget, saya juga suka traveling, kebetulan dulu kerja di instansi yang lebih banyak ke lapangan daripada di belakang meja, jd sempat keliling Indonesia. Sekarang, agak sulit buat planning utk traveling spt yang Anda buat, walaupun panas dingin membacanya. Duh pengen banget…pergi kesana kemari cuma rp 1 juta? haha..siapa yang ga kepengen…tapi sulit ya, menyatukan jadwal banyak pihak, maklum dah buntut 3, belum lagi jadwal kerja sendiri dan suami, semuanya harus diplanning bener2…saking rumitnya berplanning, akhirnya malah ga berangkat,πŸ™‚

    Salam
    DL

    1. Salam kenal juga mba Laraswati. Makasih udah berkunjung…πŸ˜€

      Iya ni mba kalau udah punya buntut mah susah, ada yg narik2 kalau mau jalan.. hehehe..8x Makanya mumpung saya masih jomblo aja nih, dipuas2in sebelum ada yg melarang…πŸ˜€

      1. kang kok kayak promosi berjangka hahahah emang deposito….ah kabur ah.

        btw, foto backpcking ditambah kang sama foto syuur. misalnya foto pemandangan, atau makanan….enak enak ngak yah ?

  2. Saya baca-baca tulisan mangkum tentang traveling, pny rencana ga tuk bikin grup tour? Spy kita-kita yg awam ke luar negeri ini, bisa menikmati jg, jalan keliling dunia, nginap enak dengan harga murah…pasti deh ada fee buat mangkum, tapi ya jgn mahal-mahal ya…namanya juga backpacker. Kalau ada, jgn lupa ajak2…ibu2 kan perlu refreshing juga, hehe…

    O iya, boleh ga webnya saya link ke blog saya? saya baru belajar buat blog nih //lebahmendengung.wordpress.com. Silakan mengunjungi dan tinggalin coment ya tuk perbaikan blog saya.

    Salam,
    DL

    1. Hihihi, makasih mba udah nyempetin baca. Gimana narsis saya mba? Udah maksimal belum? Hehehe….

      Iyah nanti kalau backpacking lagi saya ajak2 deh Mba Laras. Tapi, setaun sekali sih saya backpackingnya…πŸ˜€ Atau nanti biasanya Oktoberan, AirAsia menggelar program tiket murah lagi. Bisa booking nanti. Hm… kalau fee mah ngga usah (Ngga usah sungkan… hehehe…). Kita jalan bareng aja mba lah ga usah ada fee-feean. Kalau udah ahli jadi guide kan bisa jadi EO wisata. Targetnya, hm… rahasia… hehehe…

      OK deh mba, saya ngesod dulu ke blog lebah mendengung…

  3. wew! mantab! kalo istri saya yang hobi travelling ini mbaca tulisan sampeyan bisa iri setengah mati. mmm… jadi saya harus nutup akses ke blog ini dari istri saya:mrgreen:

    1. Serius… Itu tapi cuman flight faresnya aja. Tapi gile murah kali ya, 5 kali terbang Rp1 jeti…
      Kalau total sama penginapan, makan n sedikit oleh2, bisa cuman Rp3 juta kali ya…

  4. salam kenal.

    mas, terima kasih banyak ya buat info-nya.
    saya dan teman saya sedang bingung karena kami belum punya passport.
    dan begitu membaca info dari mas, kami senang sekali.
    sayang waktu kepergian kita gak sama, karena kalau sama, mungkin kita bisa eksplor bareng di BKK-PHU-atw KL. v^o^

    sekali lagi, terima kasih banyak atas infonya.

    salam backpacker!

  5. kang, huhuhuh kayak nak idup kayak si akang.πŸ˜€ jalan jalan mulu (walau kalau dilihat difoto backpacking itu agak menderita yah hahahah )

  6. ya oloh, mang…
    bikin ngiler aja…

    saya mau rafting aja ga jadijadi…

    bilangbilang kalo udah jadi bikin wisata ya mang…
    kita didiskon yak?:mrgreen:

  7. Wah,,, aku mau downk merasakan jalan2 ala backpaker… Tapi sayangnya belum punya npwp… Hiks…
    Kapan rencana berangkat?kabar2i ya, kali saja saya berminat untuk kesana

Leave a Reply

