I LOVE U

Hehehe… belum lengkap tu judul, lengkapnya adalah I LOVE U, Ayah Bunda!..😀

Buku ke-3 Ayah Edy
Buku ke-3 Ayah Edy

Buku ini adalah buku ketiga yang dicetak (ada juga satu audio book) yang ditulis oleh Ayah Edy. I LOVE U, Ayah Bunda adalah kalimat yang diucapkan anak sebagai hasil kerja keras orangtua dalam membesarkan anak-anak sehingga menjadi cerdas, sehat dan bahagia.

Sebagian isi dari buku ini sudah saya ketahui isinya. Ya iyalah karena buku ini berisi kumpulan kisah inspirasi pendidikan dan parenting terbaik Ayah Edy di Radio SMART FM. Saya sudah sekitar dua tahun mengikuti program Indonesian Strong From Home di SMART FM. Beberapa yang kisah parenting or pendidikan ada yang baru atau belum saya ketahui, ya saya baca. Yang sudah tau juga ya dibaca juga. Sayang udah dibeli ga dibaca. Berbeda dengan buku kedua, buku ini ga perlu membaca secara linear dari halaman depan ke akhir, tapi bisa dibaca bagian yang ingin kita baca aja.

Kok udah tahu isinya, beli?

Ya kan gw pelupa. Dan ini menjadi ikatan atas ingatan2 saya. Selain itu, diriku emang biasanya ngasih ke teteh ipar yang saat ini memiliki dua anak yang lucu-lucu. Yang bikin saya rindu pulang kampung…😀 Dan oleh karena itu, diriku ga mau keponakanku ini dibesarkan dengan cara yang kurang tepat. Bersyukur, teteh iparku seneng baca.

Pas buku ayah Edy pertama, bukunya saya simpen di meja tamu berharap dibaca sama teteh iparku. Ini strategi biar Teteh Iparku ga merasa disuruh baca buku parenting. Kalau saya kasih langsung kan bisa jadi dia tersinggung. Eh bersyukur, melebihi ekspektasi, teteh iparku menyambar buku itu seolah2 buku itu takut dibawa pulang lagi sama diriku… ahahah… Dan buku ke dua pun demikian. Saya beli dua buku, jadi ya silakan satu buat Teteh. Dan ini adalah buku ketiga, pastinya bakal saya kasih lagi ke Teteh.

Kalau baca buku atau dengerin radio talk atau kapsul Ayah Edy di SMART FM, saya suka pengen menjadi anak kecil lagi yang dididik dengan Multiple Intelligence dan Holistic Learning. Tapi ga mungkin kan? Jadi, nanti… kalau gw jadi orang tau, gw ingin menjadi orang tua yang baik dan benar. Juga, gw mengajak orang2 terdekat dengan untuk menjadi orangtua yang baik dan benar itu, termasuk teteh ipar dan teteh kandung yang akan segera menikah. Juga, temen kantorku dengan menyarankan dengerin radio talk or kapsul Ayah Edy di SMART FM dan mendorong untuk membaca buku Ayah Edy. Eh ternyata, temenku ini dikasih dua buku Ayah Edy sama ibubnya yang FEMINIST. Terus dia cerita ke diriku, kalau kata Ibunya, ini buku bagus banget… Dan dia bilang ke Ibunya kalau temen kantornya, which is saya gitu loh, sudah lama menyarankan baca buku ini…😎

Ini satu dari 58 kisah yang ada di buku ini

Ternyata anak 6 tahun mempelajari dan menguasai lebih banyak daripada orang dewasa yang bersekolah sampai Doktor (hal 208). Ini adalah hasil riset dair Collin Rose berdasarkan Neuro Science (ilmu tentang otak manusia). Sebagian besar sistem kerja otak manusia, pas lahir, masih diatur oleh otak kecil yang masih sangat primitif yang hanya terbatas untuk menjalankan fungsi-fungsi dasar kehidupan: nafas, berdetak, suhu tubuh dll.

Namun demikian, otak yang masih kosong itu, seperti komputer baru, oleh Tuhan telah diinstall software “The Instinct of Learning”, yakni naluri belajar alamiah yang ditunjukkan oleh rasa ingin tahu yang luar biasa terhadap berbagai hal. Coba liat aja anak kecil pengen nyoba apapun. Masukin benda2 ke mulut, memanjat, terus semakin bertambah usia, anak bayi ini cerewet, nanya ini-itu. Sekalipun gagal, anak ini akan mencoba terus sampai bisa, coba liat, gimana anak bisa berjalan. Bayangkan, kalau anak bayi ini menyerah belajar berjalan! Hm… ternyata bayi telah dilengkapi pula oleh Tuhan, energi besar untuk memaksa dan pantang menyerah.

Nah inilah kenapa sebagai orang tua atau orang yang bergaul dengan anak balita (ya termasuk diriku dengan ponakan) harus tau ilmunya, jangan asal melarang! Padahal kan anak itu sedang belajar. Dan kita sebagai orang tua or guru or siapapun yang bergaol sama anak-anak, harus bisa memelihara “The Instinct of Learning” dan energi untuk memaksa dan pantang menyerah tadi sampai dewasa. Orangtua (Kakek)-nya Leonardo Da Vinci dan Thomas Alpha Edison adalah salah contoh terbaik.

Kenapa anak 6 tahun mempelajari lebih banyak hal daripada Doktor? Karena setelah 6 tahun anak sudah masuk dunia pendidikan formal yang membatasi dua hal tadi: the instinct of learning dan energi untuk memaksa dan pantang menyerah. Sekolah yang jelek emang seperti itu. Dan sayangnya, kurikulum sekolah kita emang seperti itu. Mungkin Home Schooling menjadi pilihan menarik. -fin-

26 thoughts on “I LOVE U

  1. harus bisa memelihara “The Instinct of Learning” dan energi untuk memaksa dan pantang menyerah tadi sampai dewasaini yang masih harus saya pelajari, kadang naluri orang tua yang pengen melindungi malah kontraproduktif dengan yang sampeyan sebut itu

  2. *pura-pura kagak baca..

    Wah,, Mangkum… Ciee.. cie… Asyik, ada yang nikahan bentar lagi.. Makan-makan… Selamat menempuh hidup baru… Semoga bisa membina keluarga yang 3M..

  3. Gue tu ya Mang, tiap baca atau nonton sesuatu yang mirip begini, mikirnya … “masa depan itu gimana, yaa, bila pedoman seperti ini yang dijadikan acuan mendidik anak-anak. Mantap bener dah, kemakmuran, kebahagiaan, kesejahteraan hasilnya.
    Tapi ya emang yaa, pasti ada produk gagal dalam satu batch
    hehhee😀

    *ngomong apa-an sih gue*

  4. Klo homescholing jadi pilihan menarik…ntar mo lanjut ke jenjang yg lebih tinggi…? repot lagi ngurus sana-sini…soalnya blon standart kan…

    1. Sekarang udah diakui kok homeschooling, terstandar pula. Coba deh baca2 buku homeschooling yg saat ini sudah marak di rak-rak toko buku. Dan dahsyatnya apa coba? Yang melakukan home schooling itu ternyata orang2 yang MENGERTI tentang pendidikan.

  5. siapa? siapa yg mau nikah? si mangkum?
    horeeeee!!! *dipentung*

    ehm… ini Ayah Edy yg sama yg nulis buku ttg kenapa anak ngelawan bukan ya mang?
    lumayan kok si Ayah njelasinnya enak… gampang ngerti…

    bagus buat semacam pegangan untuk calon orang tua, mang…

    si mang mau secepatnya jd orang tua ya?
    saya doain mang…

    amiin…:mrgreen:

    1. Bukan itu sih niatnya… tapi ya kalau dibilang begitu juga, ya boljug lah…

      Hm… jadi papamu masih di sana toh, udah pindah kerja or sementara aja?

  6. wah,,, buku yang bagus banget tuh pastinyah…. mending cari inspirasi juga yuks untuk tetep nambah semangat dan nambah motivasi di websiteku,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s