Traveling Today

Hm… iseng pengen nulis ini setelah menginstal Google Maps di handphoneku, Nokia E71.

Melakukan traveling hari ini sangatlah mudah dibandingkan dengan traveling saat zaman Ibnu Batuta, Marcopolo atau Cheng Ho. Hari ini, untuk melakukan perjalanan cukup dengan persiapan sebuah laptop yang terhubung dengan internet. Booking tiket pesawat or kereta via internet. Booking penginapan dan tour via internet pula. Cari-cari informasi gimana keadaan tempat tujuan via internet juga.

Selain itu, dengan menggunakan internet kita bisa mengakses bergelimang orang-orang yang mau share gimana keadaan tempat tujuan. Tidak sedikit pula orang yang mau jadi host, menawarkan kamarnya secara gratis, bahkan makanan dan internet gratis. Selain itu, host bisa mengantarkan tamu untuk jalan-jalan di sekitar tempat tinggalnya.

Sebelum berangkat, kita bisa tandain posisi koordinat penginapan dan objek-objek tujuan. Dengan menggunakan Google Maps atau Yahoo Maps atau Nokia Maps, kita bisa bersimulasi melakukan trip sesuai itinerary yang telah dibuat.

Persiapan sudah siap, saatnya bagi kita untuk bergerak. Packing. Jangan lupa bawa alat-alat bantu buat traveling: buku sejenis Lonely Planet (kalau punya, mahal sih), kamera, notebook atau netbook dan handphone.

Handphone jenis smartphone lumayan penting saat traveling. Sekarang, smartphone sudah dilengkapi dengan perangkat GPS. Kalau smartphone Nokia, tinggal install Nokia Maps. Kemudian pastikan pastikan peta objek tujuan dan penginapan kita sudah terdownload di Nokia Maps. Kalau peta tujuan traveling kita tidak tersedia di Nokia Maps, coba install pula Google Maps. Mungkin peta Google Maps lebih lengap.

Nokia Maps vs Google Maps

Peta di aplikasi Nokia Maps bisa didownload dalam memori handphone. Sehingga tidak diperlukan koneksi internet ketika kita membuka peta di Nokia Maps. Pada saat persiapan, pastikan peta tujuan sudah ada di Nokia Maps. Caranya kalau saya, kartu SIM diganti ke IM2 lalu download peta dengan koneksi internet IM2. Setelah peta terdownload ke memori handphone, saya ganti lagi ke kartu SIM awal, kalau saya, SIMPATI.

Berbeda dengan Nokia Maps, peta di Google Maps tak bisa didownload ke memori hape, peta mungkin di simpan di Cache Memory saja, gatau juga sebesar apa cache memorynya. Kelemahannya, pulsa kita akan habis untuk mendownload peta yang belum terdownload.

Namun demikian, Google Maps memiliki satu keunggulan ketika kita melaukan traveling berkelompok. Ada aplikasi yang disebut Google Latitude. Google Latitude bisa melihat posisi kawan kita ada di mana. Sehingga kita akan mudah mencari posisi teman tersebut, selama dia mendapatkan sinyal GPS.

Nah karena Google Maps menyedot pulsa, lebih baik, kita beli nomor SIM lokal di negara yang kita datangi agar biaya donwload GPRSnya lebih murah. Oleh karena itu, yaknikan smartphone Anda unlocked, bisa menggunakan kartu SIM apapun.

Adapun kesamaan Google Maps dan Nokia Maps adalah, keduanya bisa menunjukan direksi dari satu tempat ke tempat lain. Direksinya ada dua bisa dengan kendaraan ataupun jalan kaki. Lumayan membantu lah.

Ah segitu dulu aja dari saya mengenai Traveling Today. Teknologi sudah siap memudahkan kita dalam bertraveling. Tinggal kitanya, mau memanfaatkan atau tidak? Butuh modal juga sih…😛

22 thoughts on “Traveling Today

  1. Pertamax!!!

    Lonely Planet, minggu kemarin beli pas nonton Angels and Demons, tapi belum sempet dibaca… Masih shock gara-gara jadi ketua panitia T_T

    Jadi backpaker sekarang ternyata isi ranselnya sudah modern ternyata:mrgreen: Elektronis banget..

  2. err…
    percuma ah mang kalo di sayah mah…
    buta peta buta arah…
    taunya cuma kanan, kiri, depan, belakang…
    nggak ngerti mana utara, selatan, timur atau barat…
    tukang nyasar pulak…

    *aih… curhat…:mrgreen: *

  3. bener-bener,, kemajuan teknologi mempermudah kita kalo mau travelling,, minimal kalo kesasar tinggal telpon temen minta dijemput gitu, hehhe,, ini maah,, traveler yang males yaah😀

  4. Emang mau rencana travelling kemana lagi, Mang?
    Sayang udah nggak bebas lagi. Kalau masih bujangan pasti aku ikut deh backpacking sama kalian.

  5. teknologi memang useful bgt !
    tapi saya masih belum ada desire untuk install itu..
    byk yg udh saranin
    tapi koq saya malah merasa privasi terganggu..
    kalo ada yg liat2 saya lg ada di mana
    kan gak enak… iya kalo dipake pas travelling doank
    nah kalo pas gak travel
    di lacak juga…
    males dech🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s