Gelar Jepang UI 2009

Omikoshi
Omikoshi - Gelar Jepang UI 2009

Ini adalah festival kebudayaan Jepang pertama yang saya datangi di tahun ini. Tahun lalu, saya sama Mang Asep berkunjung ke Indonesia-Japan Expo 2008 dalam memperingati 50 tahun hubungan kedua negara. Waktu itu, acaranya seminggu di PRJ Kemayoran. Banyak sekali acaranya sehingga saya ga bisa ngikutin semua, hanya datang pas hari terakhir aja yang ditutup dengan Bon Odori. Nah, kali ini, Gelar Jepang di UI hanya dua hari saja, Sabut dan Minggu. Saya bisa datang di dua hari itu. Ini sebenernya balas dendam karena tahun lalu ga ikutan Gelar Jepang di UI. Jadi, agenda2 lain yang beririsan dengan Gelar Jepang di UI, mohon maaf, saya batalkan…😛

Dari sekian banyak acara yang diselenggarakan, saya hanya bisa ikutan beberapa acara saja. Yang pertama adalah Chanoyu Workshop, yakni latihan upacara teh Jepang. Rugi deh yang ga ikutan ini…😛 Karena orang yang mempraktekan pembuatan teh hijau berbusa Jepang ini kawai sangat.  Ah maaf ga bisa saya share gambarnya di sini, takut melanggar privacy…😛 Biar buat koleksi gambar saya saja hehehe… Dengan rambut lurus seperti lidi sebahu dia mempraktekan pembuatan teh dengan manner dan penuh konsentrasi. Sepertinya andaikan ada nyamuk gigit, dia tetap bergeming.

Kemudian ikutan Washi Workshop atau latihan origami. Saya bikin origami perempuan Jepang yang berbalut Kimono. Lumayan lah, melatih kinestetik dan otak kanan. Ternyata workshop ini ngabisin 1,5 jam. Lama juga. Jadinya, ga bisa nonton demo Omochitsuki (bikin mochi – sejenis tape uli) dan Yosakoi (tarian). Habis itu, nonton Omikoshi, yakni arak-arakan yang memanggul rumah kuil Jepang. Yang manggul cowok semua kecuali ada satu cewek salah satu dari rombongan saya ikutan manggul juga. Buru-buru deh kita liatin temen itu dan foto-foto sebagai bukti.

Besoknya, Minggu, saya balik lagi, ingin ikuan Bon Odori. Biasanya festival budaya Jepang suka diakhiri dengan Bon-Odori. Hari Minggu jauh lebih rame dibandingkan hari Sabtu. Meskipun bon odori dimulai lebih dari jam setengah sembilan malam, tetep saja pengunjung masih membludak. Kita nari mengelilingi panggung odori di sana. Tapi sayang tempat narinya sempit dibandingkan dengan banyaknya pengunjung. Dan, kali ini juga, pas bon odori bertemu lagi temen les Nihongo-nya Mang Asep, Fatma-san. Pasnya sih, bon odori menggunakan kostum Yukata. Dua orang rombongan menggunakan Yukata. Kawai ya kalau pake Yukata. Saya juga pengen tapi belum punya. Beli di mana ya?

Acara berakhir dengan hanabi (kembang api) langsung setelah bon odori selesai. Wah… hebat nih panitianya. Salut. Ini hanabi kedua yang saya liat setelah di Ancol. Menyenangkan sekali weekend kali ini.

41 thoughts on “Gelar Jepang UI 2009

    1. Tahun depan insya Allah. Bulan depan juga ada sih di kampus lain… hehehe… insya Allah mau dateng juga. Kemaren ga puas dengan bon odorinya, berdesak-desakan terlalu banyak orang.

    1. Sejak di Depok juga gw udah tau…😎

      Kata Asep-sensei, buat co & ce sama namanya Yukata. Kalau Hakama itu bawahannya untuk cowok. Barusan ngintip juga di Wiki-chan emang bener. Tapi sekarang Hakama suka dipake cewek juga. Gw pernah liat Hakama dipake pelayan2 cewek di onsen or toko traditional Jepang.

    1. Oiya dong senang, put.

      Iya, sampai pas gw mau sholat Dhuhur terinspirasi hehehe… Gw sholat sering ada gerakan ga penting, nyamuk baru hinggap aja udah merasa terganggu. Duh payah…

  1. wah mangkum, kayanya asik banget..!
    aku pernah ikutan bon odori di UKJ (unit kesenian jepang) di kampus.. tapi kayanya penuh modifikasi gtu bon odorinya.. (sotoy, pdhl ga tau jg aslinya kek gmn :p)
    aku penasaran yang bikin mochi..
    sama ga sih ma mochi yang suka dijual di puncak?
    *ahahaha..*

    beneran nih si kawai sangat ini bikin penasaran..
    orang indo kan tapinya mangkum? atau asli, made in japan?

    1. Wah di ITB juga ada toh…?
      Mochinya beda… ini mah kayak ketan bakar (tape uli). Gatau juga sih, kemaren ga sempet liat.

      Hahaha… yang kawai sangat itu aseli orang Jepang. Gambarnya, cuman ada di otak gw, ga bisa dishare…😛

  2. boleh tau gak? eeee… katanya ui mo ngadain festival jepang tgl 20 juni 2009 di senayan plaza jadi ndak tuh yup?????

  3. boleh tau gak? eeee… katanya ui mo ngadain festival jepang tgl 20 juni 2009 di senayan plaza jadi ndak tuh yup?????

  4. Boleh lah eee… wah gatau juga ya… yang gw tau, acara ini awalnya mau diadain di senayan (gatau kalau di senayan plaza), tapi karena satu dan lain hal jadi diadain di kampus.

  5. bahkan itu deket banget sama fakultas gw dan gw ga datengg huhhh haha abis ga ada temen yang kesana..seru banget kayaknya ya

  6. saya juga ikutan demo chanoyu-nya, yg dimaksud “cewek kawai sangat” itu namanya Hana, ssst,…😀
    kalo bole sharing lah fotonya, kangen saya hahahha

  7. saya jg dateng ke Demo Chanoyu-nya, … *tengok kiri-kanan
    “cewek kawaii sangat” itu namanya Hana, saya tertarik ikut demo chanoyu memang karena “tertarik” dengan dia, hehehehe

    PS: bole lah, sharing foto-nya, kangen nih,😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s