Sahabat

Tema dalam kehidupan saya akhir-akhir ini adalah sahabat. Mungkin sebagian di antara Anda mendefinisikan sahabat sebagai orang yang paling dekat dengan kehidupan Anda sehingga Anda mau berbagi, bercerita kisah senang ataupun sedih, meminta saran dan kritik agar hidup Anda dan dirinya lebih baik.

Entah lupa baca di mana, kalau ga salah dibilang, kalau kita sampai kehilangan sahabat maka kita bukan termasuk orang yang bersyukur. Tidak mensyukuri nikmat yang Allah berikan berupa sahabat. Padahal saya selalu berdo’a agar menjadi orang yang bersyukur. Karena kata salah seorang kolega kantor, kalau berdo’a  agar menjadi orang yang sabar maka akan diuji dengan ujian kesabaran. Hm… karena ga mau diuji dengan kesabaran, makanya saya meminta agar digolongkan menjadi orang yang bersyukur biar ujiannya yang enak-enak dan nikmat hehehe… Tapi duh ternyata meskipun diuji dengan kenikmatan, menjaga nikmat diberikannya seorang sahabat, saya gagal. Menyadari hal ini, saya sangat menyesal lalu segera memperbaiki hubungan persahabatan. Dan semoga Allah selalu memberikan petunjuk kepada kita semua, memperlihatkan dengan jelas mana yang benar dan yang salah.

Seorang kolega kantor lain yang beragama Nasrani pernah bertanya pada saya ketika habis Sholat Maghrib.

“Mangkum, tadi lu do’ain gw ngga habis solat?” pertanyaannya aneh tapi membuatku berpikir.
“Jujur, gw ga pernah do’ain lu. Gimana dong?” jawabku.
“Jaah,  gw kan suka do’ain lu kalau ke Gereja”

Entah dia bercanda ataupun serius tapi ini membuat saya merenung, kok bisa saya ga pernah mendo’akan teman-teman saya: teman-teman kantor, teman-teman jalan, blogger, teman-teman kuliah, SMA, SMP dan SD. Dan lebih parah lagi, ternyata saya ga pernah mendo’akan kebaikan untuksahabat sendiri.

Sejak saat itu sampai sekarang dan yang akan datang, saya akan selalu mendo’akan teman-teman saya, terutama seorang sahabat yang paling dekat dalam hidup saya saat ini. Kalau mendo’akan kebaikan buat calon istri belum euy…😛

Mungkin Anda bertanya, “Saya selalu berdo’a, ‘Semoga Allah memberikan segala kebaikan dan melindungi teman saya’, tetapi kenapa teman saya ini melakukan hal yang dilarang Allah?”. Hm… menurut saya do’a Anda bukannya tidak didengar. Take a break, coba deh pikirkan olehmu, apa yang akan terjadi ketika Anda tidak mendo’akannya? Pernah berfikir juga ga, kalau kamu menjadi kamu yang seperti sekarang ini bisa jadi berkat do’a seseorang?

Be a cool friend, friend!

8 thoughts on “Sahabat

  1. Bagus dong Mang, jika sekarang mendoakan teman juga. Pasti kamu digerakkan hatinya juga oleh Tuhan melalui doa teman itu hehehe.

    Saya prinsipnya membuat sahabat sebanyak mungkin dan membuat musuh sesedikit mungkin. Tapi bukan berarti tidak mendoakan musuh loh. Justru itu tantangannya, mendoakan musuh dengan tulus….

    EM

    mangkum:
    mBetul mbanget mba…🙂
    Kalau masalah musuh, hm… nah ini belum kepikiran juga soalnya siapa ya musuh gw…?

  2. jadi udah selesai sholat duhur dan asar udah doain gw blom mang?😀

    gw selalu berdoa untuk orang2 yang ada disekeliling gw, orang-orang yg gw sayangi dan orang2 yang menyayangi gw, termasuk sahabat dan temen2 gw😀

  3. Mendoakan teman kantor, manajemen kantor agar selalu dibukakan hatinya dan dapat mengatasi kesulitan, sehingga kita bisa bekerja dengan tenang….itu penting lho…
    Doakan saya juga ya

  4. Betul tuh mang…
    Jadi inget kisah2 yang bercerita ttg doa seorang sahabat untuk sahabatnya yang lain…

    Ketika kita berteman dengan orang-orang yang baik hatinya dan selalu mendoakan kita…Subhanaallah banget…rasanya menyenangkan..karena barangkali dari setiap kebaikan yang datang pada kita berasal dari doa2 sahabat kita…

    Be a good friend ….🙂
    *sudah lama Put gak mampir ke sini, mang…Apa kabar, mang ?*

    mangkum:
    Siap Put.
    Ga apa2 jarang mampir juga, emang udah jarang diupdate ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s