Mario Teguh dan Twitter

Baru aja baca tentang Mario Teguh (MT) dari blognya Mas Tri, senior gw di Statistika IPB. MT dan Mas Tri ini adalah sama-sama alumni Indiana University di Bloomington. Solusi yang diberikan concise dan to the point. Banyak orang suka. Logika berfikirnya pake gaya Amerika. Nah kata Mas Tri, di Indonesia, hanya dua orang yang dia kenal yang memiliki logika seperti ini, satu lagi adalah Guru Besar IPB dari Statistika yakni Pak Andi Hakim Nasoetion (AHN).

Karena angkatan gw adalah angkatan terakhir diajar oleh Pak AHN sebelum beliau meninggal, maka gw sempat menyaksikan logikanya Pak Andi. Karena logikanya yang dari Amerika, maka para mahasiswa harus berfikir menyerap “candannya” gaya Amerika. Mahasiswa yang logikanya loncat-loncat, bisa langsung ketawa, sementara yang logikanya jongkok tengkurep (macem gw), harus loading dulu, kalau ga bisa keload, nanya maksud “candaan” Pak AHN ke yang tadi ketawa, barulah orang-orang berlogika jongkok itu tertawa. Jadi, ada dua kali tertawa… Heuheu…(Malah gw masih binun, temen2 gw udah ketawa 2 kali, eh gw masih mikir… >,<)

Kembali lagi, dunia blog: twitter. Well, twitter tak bisa dipungkiri adalah sebuah blog: microblogging, MT mendapatkan masalah dari status yang ditulisnya:

“Wanita yang pantas untuk teman pesta, clubbing, begadang sampai pagi, chitcat yang snob, merokok dan kadang mabuk, tidak mungkin direncanakan jadi istri” (sumber: mediaindonesia).

Tweet ini kontras mendapatkan cemoohan dari pengguna Twitter yang memiliki beragam latar belakang. Pak MT akhirnya menutup account Twitternya. Namun ga sedikit dari pengguna Twitter yang mendukung MT untuk ngetweet lagi, memasang status twitter dengan menambahkan hash #GerakanMTGWngetwitlg

Nah sekarang gimana menurut gw?

Menurut gw, tweetnya Pak MT ini adalah jujur pendapatnya. Sekelas MT ternyata memiliki pandangan yang seperti ini. Kalau kita adalah orang yang terbuka terhadap pendapat orang lain, maka akan memandang hal ini harusnya jadi masukan atau setidaknya menjadi tambahan wawasan bagi kita. Namun kalau orang yang ga terbuka, pasti menyerang, menghina.

Terkadang, pikiran orang-orang yang mendeklarasikan dirinya terbuka, menuntut orang lain berpikiran terbuka tapi kenyataannya dirinya malah tertutup. Memaksa orang yang sebut aja ikhwan atau orang pesantren (yang menurutnya memiliki pandangan yang tertutup) untuk memahami pemikirannya. Tapi pada saat yang bersamaan dianya tidak mau memahami, tertutup, bahkan menyerang, terhadap pemikiran orang itu. Begitu juga contoh sebaliknya. Kalau mau terbuka beneran, contohlah Gusdur!

Pak MT sudah bikin klarifikasi di FB nya di sini. Salah satu alsannya karena keterbatasan karakter Twitter yg hanya 140 karakter itu ga bisa menyampaikan pesan secara utuh.

Note that, gw belum jadi penggemar MT. Namun setelah membaca blognya Mas Tri itu, jadi pengen ngikutin quotesnya di Twitter. Eh pas mau ngikutin, account Twitternya udah tutup. Ya nasib…!

12 thoughts on “Mario Teguh dan Twitter

  1. hmm,, ada ya yang mau nikah ama wanita clubbing? nikah siri mungkin😀

    mangkum:
    kufu lah…
    cewek yg suka clubbing ya cowok seperti itu juga yang mau nikahin dia….
    kalau cowok yg ga seperti itu, mana mau?

  2. sebenarnya semua orang bebas mengutarakan apapun pendapatnya, baik itu mario teguh yang terkenal atau bahkan seorang pengemis di sudut jalan, selama dia tidak memaksakan orang lain untuk mengiyakan pendapatnya itu, saya rasa tidak ada masalah….

    NB: saya setuju dengan om MT

    mangkum:
    kalau saya setuju sama aurora…😀

  3. MT terbuka ?
    Kalau dia terbuka mestinya ga nutup accuntnya.

    mangkum:
    Dia terbuka kok kalau kritiknya disampaikan dengan baik.
    Dia males berurusan dengan energi negatif dari makian tweeps.
    Sama kek saya baca komentar di detik.com yg dimoderasi sambil tidur, banyak banget makiannya.
    MT belum bisa kek Gusdur alm.

  4. sayang sekali beliau nutup akun cuma gara2 protes segelintir orang. saya setuju kok, yang biasa diajak have fun go mad rasanya berat diajak susah

    mangkum:
    iya mas sayang sekali padahal aku pengen follow dia. tapi udah add fanspagenya di FB

  5. Ni dia topik yang lagi gencar di bahas dari kemarin sore.
    Setuju, kalo pernyataan MT itu ya sekedari pendapat. Kebetulan MT adalah orang yang (mungkin) mencari istri dengan klasifikasi yang bukan seperti itu, Dan bisa jadi yang protes adalah orang yang memang berklasifikasi demikian.

    tapi ya damai aja.. ^^

    mangkum:
    siap! damai…

  6. Iya ya Pey …
    Kok jadi heboh bener yak …
    Itu kan pendapat pribadi Pak MT …

    dan yang namanya beda pendapat itukan wajar …
    kenapa sampe heboh begini yak ???

    Salam saya Pey

    mangkum:
    Aku tau Om, siapa yang suka bikin heboh dunia perinternetan… hiihi… gosib deh..

  7. ternyata emang benaran heboh, ya ?
    Kyaaaaaaaaaaaaaaaa

    Sebenarnya yang gak open mindeed itu siapa, sih… ?
    *kesel sama orang yang bisanya cuma memaki saja*

    btw, mang..
    fansnya alm. GusDur, yak ?😀

    mangkum:
    Semoga kita bukan termasuk orang yang suka memaki ya Put.
    Fansnya alm Gusdur? Hehehe sejak SMA gw udah ngefans.

  8. Menurut yang saya dengar klarifikasi MT di salah satu tv dia bilang tweetnya ditutup karena komentar2 sudah tidak sopan.. so it must be gone katanya… salam

    mangkum:
    yes it must…😀

  9. Oh begitu..
    Emang twitter sama fb tuh apaan mang?
    Hihi..
    Ko gw gak tau yah :p

    mangkum:
    Duh lupa jelasin euy, FB ama Twitter apaan?
    FB tuh buku beungeut hahaha…. upami Twitter mah duh naonnya hilap…

  10. Suamiku pencinta MT….
    Sebetulnya ceramahnya sederhana namun membumi.Dan komentarnya itu, saya sependapat…namun semua ada risiko jika disampaikan dalam tulisan terbuka.
    Sama seperti blog, terkadang ada juga komentar yang bernada menyerang….jadi memang penting ada moderator.
    Saya belum bergabung dengan twitter, udah kebanyakan yang lain..FB juga cuma sesekali dilihat…..memang setiap orang boleh komentar?

Leave a Reply

