Gagal Nonton Nodame

Hari #3 backpacking
19 Maret 2010

Pagi hari di hari terakhir backpacking di Singapura, kembali saya sarapan cornflakes dan roti selai bersama para backpackers lain. Saya suka gabung sama backpackers yang sekamar dari Indonesia pula. Sarapan sambil ngobrol dan ketawa-ketawa di pelataran Hostel. Cukup akrablah dengan mereka. Sampai tukeran kartu nama.

Tidak ada itinerary di hari tersebut. Bebas lah. Saya memilih berkunjung ke Abdul Gafoor Mosquee di deket Hostel. Saya tau masjid ini dari Google Maps dan sengaja ngintip kondisi di sana pake Google Streetview. Di kawasan Asia, hanya Singapura, Jepang dan Hongkong yang Google Streetviewnya aktif. Sholat Dhuha di sana kemudian foto-foto dan mengamati sekitarnya untuk bahan tulisan Tour de Mosquee.

Abdul Gafoor Mosque
Abdul Gafoor Mosque

Rencana selanjutnya adalah nonton Nodame The Movie Part #1 di Orchard. Duh tapi ternyata tadi kelamaan di masjidnya jadi bakal telat. Nontonnya di undur ke jam tiga di bioskop yang sama. Saya pulang ke Hostel untuk check out dan gembolan dititip di sana. Sedangkan leptop di titip di tempat khusus.

Tip:
Anda bisa menitipan barang ke petugas Hostel setelah jam check-out. Kalau barang berharga, bilang aja ke petugasnya, nitip, ini isnya leptop, atau tanya kali aja ada loker penitipan untuk barang berharga. Ah tip ini mah udah pada tau ya….

Masjid Sultan
Masjid Sultan

Kami jalan ke Bugis Junction buat jalan-jalan aja, kali aja ada sale. Habis itu Shalat Jum’at di Masjid Sultan, yang masih satu jalan yakni North Bridge Rd. Namun nahas, sendal saya jebol pas jalan ke sana.

Sendal Jebol
Sendal Jebol

Gear:
Lengkapi alas kaki Anda dengan sendal jepit untuk ke kamar mandi. Ada beberapa hostel yang ga menyediakan sendal jepit, macem di Footprints ini. Sendal saya jebol karena dipake buat ke kamar mandi pula. Kena basah, lemnya meregang.

Shalat Jum’at selesai pukul 14, saya emang harus buru-buru menuju biskop. Hujan turun lebat sekali. Alamat saya ga bakal bisa nonton nih. Hujan udah agak reda, saya berusaha keluar aja dengan sendal yang jebol itu. Daripada nunggu hujan reda di masjid mendingan sambil makan di seberang masjid. Melihat jam rupanya ga bakal sempet kalau makan di restoran, saya beli dua bakpau aja di minimarket 7 Eleven. Waktu yang terus berlari ga memungkinkan saya untuk menggunakan MRT menuju Orchard. Jadinya, nyegat Taxi. Malang, Taxinya ga ada yang vacant, kalau ga on call pasti hired. Selain itu, yang nyegat Taxi banyak. Udah mah Taxinya susah, yang mau naek banyak juga. Weh…! Jadi rindu Jakarta, ojek ada di mana-mana. Saya pergi aja naek bis di halte terdekat.

Seberang Masjid Sultan
Seberang Masjid Sultan

Niat pengen ke Orchard malah salah naik. Ini bis yang ke Outram LOL. Pantesan lewat China Town segala. Ah daripada semakin jauh tak terkira, saya turun aja di halte yang ada logo MRT-nya. Naek MRT lebih gampang buat wisatawan. Setelah turun dari bis, eh ada bis gratis yang salah satu tujuannya adalah Plaza Singapura. Hm… PS kan di Orchard Rd. Naiklah saya sama seorang temen di bis itu. Dasar bis gretongan, sama aja di mana-mana. Saya harus menunggu 20 menit sebelum bisnya jalan. Bukan ngetem tapi si supir entah lagi ngoprek apaan di bawah tempat duduknya.

Facts:
– Di setiap halte bis ada papan keterangan bis dan rute yang dilewatinya. Ada juga yang dibagi berdasarkan jalan alfabetis. Saya waktu itu liat di huruf O bisnya apa aja. Eh ternyata salah naik bis malah ke Outram bukannya ke Orchard >,<
– Mata uang Dolar Brunei (BND) – yang kembalian pas beli EZ Link –  ternyata berlaku di Singapura. Karena, kedua mata uang ini memiliki nilai tukar yang sama. Orang Singapura males nukerinnya. Gatau deh apakah SGD berlaku di Brunei juga. Ada yang tahu?

Warungnya Kaskuser nih Gan!
Warungnya Kaskuser nih Gan!

Singkat cerita, sampailah kita di Plaza Singapura. Cari makan di sana, ga ada yang maknyus. Akhirnya pulang naek MRT ke Stasiun Little India. Terus ke Hostel untuk ngaso sebelum kami berangkat ke Changi Airport menuju kota selanjutnya.

Bersambung…

2 thoughts on “Gagal Nonton Nodame

  1. Wah..mang…sandalnya gak bisa diajak kompakan, tuh…
    he..he…

    Keren, mang..keren…
    Kali ini udah bisa keliling Singapore sendirian, ya ?😀

    mangkum:
    Sendal udah punya firasat bakal rusak sih jadi ga terlalu kecewa…:D
    Ke Singapura mah sendirian juga gampang, tapi saya berenam Put.

  2. tempat apa ajah siy yg wajib dkunjungin di Spore?
    Sentosa Island, noted! Bugis Junction, noted!🙂

    mangkum:
    Sentosa Island sekarang ada Universal Studio. Di dunia baru ada 3 tempat termasuk Singapura ini (kalao ga salah).
    Kalau mau harga miring, wajib ke Mustafa Center. Buka 24 jam pula.
    Merlion wajib sama Clark Quay di waktu malam bageus bgt, apalagi sambil numpak perahu melayari sungainya bedua-duaan😀, mangstab!
    Singapore Flyer bolehlah kalau penasaran mah.
    Apalagi ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s