Rasa….

Sering saya berpikir dan membayangkan ketika Tuhan menciptakan manusia dari saripati tanah, dari air mani dan sel telur. Tidak sampai situ, Tuhan memberikan manusia otak untuk berfikir sehingga manusia bisa bertahan hidup di bumi ini. Tuhan juga memberikan hati untuk mencintai. Sampai di sini, hidup di bumi ini terasa damai.

Namun tidak seperti itu, yang sering saya pikirkan, kenapa Tuhan memberikan unsur perasaaan ke dalam diri manusia. Sehingga manusia bisa merasa senang, sedih, membenci, mencintai. Semua perasaan terpolar dalam dua hal: positif dan negatif. Ada juga keinginan untuk menyakiti, membunuh, mengkhianati. Semakin kompleks dari sifat manusia yang memiliki persepsi berbeda-beda terhadap satu hal. Bahkan kebaikan dari-Nya terlihat  kusam.

Pada intinya, saya benci ketika saya sedih. Saya benci ketika saya membenci. Saya benci ketika saya negatif thinking. Saya benci ketika saya iri. Dan yang paling saya benci adalah ketika saya benci terhadap sesuatu tapi ga mengambil rasa lain yang membuat saya jadi cinta. Termasuk benci menulis tulisan ini tapi saya ga beranjak dari kebencian. Padahal sangat simpel: buang rasa ini, ambil rasa itu.

Tuhan itu Maha Membolak-balikan hati manusia ya… Dikasih soal sepele aja seringkali diri ini ga sanggup mengembalikan lembar jawabannya. Duh wahai hamba yang lemah!!!

4 thoughts on “Rasa….

  1. saya juga merasa begitu, mang..
    pada dasarnya saya ingin jadi manusia yang positif, tapi seringkali bertahan itu sulit..
    untungnya kita masih diberi waktu untuk belajar memperbaiki diri mang🙂
    terus berusaha..

  2. Manusia juga makhluk pintar yang tahan terhadap godaan.
    Hayoo semangati diri sendiri agar terus berpikir dan berbuat positif…jangan dikalahkan rasa yang aneh2…tapi pikiran rasional juga perlu dijaga agar tak diombang ambingkan oleh rasa yang tidak mendorong ke arah yang baik..

Leave a Reply

