Tanding Portfolio

Sebenernya udah telat, kantor saya meluncurkan the so-called D’ONE yang kependekan dari “Danareksa Online“. Untuk menyosor kue investor ritel, keberadaan program D’ONE ini sangat penting. Dengan D’ONE, investor seperti memiliki cabang Danareksa sendiri. Ga perlu lagi minta Account Executivenya untuk menjalankan perintah Long atau Short.

Sebelum diluncurkan D’ONE, divisi tetangga saya DRI, yang dimotori oleh salah seorang teman, telah meluncurkan the so-called Simulasi Saham. System yang dibangun sendiri sama teman saya ini belum final masih beta version belum RC (Release Candidate). System ini diharapkan dapat menyerupai transaksi saham beneran di bursa. Nah, untuk mengujicoba system untuk menemukan bugs dan sekaligus mempertajam sense of investment, kami bertiga mencoba program ini dengan bertanding. Horizonnya selama dua minggu: 23 July – 6 August 2010.

Kali aja ada bloggers yang berminat, saya akan sharing tools yang digunakan untuk memenangkan pertandingan ini:
– Buat account Simulasi Saham di website Danareksa Research. Nah di sinilah tempat kita akan bersimulasi saham. Selain untuk melakukan kegiatan jual-beli, di sini ada juga dua jenis chart untuk Technical Analysis. Dengan memperhatikan historis data perdagangan sebuah saham, ada banyak tools analisis teknikal yang bisa menduga ke depan harga saham itu akan bergerak ke mana?

– Selain dengan Technical Analysis, ada juga Fundamental Analysis. Analisis fundamental, ga melihat pergerakan harga, tetapi menilai sebuah perusahaan yang menerbitkan saham. Analis memiliki pandangan tersendiri terhadap perusahaan ini sehingga dengan model finansial yang dia bikin, diperkirakan target price akhir tahun kira-kira akan berada di mana. Dari sini bisa ketahuan selisih target price dan current price, jika selisihnya positif maka disebut ada potensial upside.

– Untuk memantau pergerakan harga saham, saya menginstall Bloomberg application for Blackberry. Apps ini bisa memantau saham-saham yang kita pilih. Sehingga kita tetap terupdate dengan perubahan portfolio yang kita punya.

Saya belum memahami technical analysis jadi belum bisa sharing di sini. Tapi kalau mau belajar, ada kok kursusnya. Biasanya Bina Insan ngadain kursus teknikal analisis di Hotel Paragon, Menteng. Adapun kalau ingin belajar pasar modal bisa ikutan trainingnya gratis di Bursa Efek Indonesia, cek aja websitenya.

Setelah pertandingan portfolio dua minggu ini usai, kemungkinan kami akan melanjutkan pertandingan lainnya. Selamat berjuang kawan-kawan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s