Landscape Photography

Hari ini, Komunitas Fotografi di kantorku ngadain acara Landscape Photography Workshop oleh Yadi Yasin. Materinya teori aja, ga ada outdoor. Atas permintaan salah satu follower twitter (gaya bener) yg sekaligus blogger yang meminta saya menuliskan live tweet secara lengkap, maka saya tulis di mari saja.

1 . Live tweets: Landscape Photography (LP) bersama Yadi Yasin.
2 . #LP adalah foto yg menggambarkan pemandangan bumi secara NATURAL, Ansel Adam.
3 . #LP udah bkembang boleh ada org di dalamnya.
4 . You don’t take a photograph, you make it, Ansel Adam
5 . #LP is about concept, skill, perseverance and luck, Yadi Yasin.
6 . Luck. Datang jauh2 ke Belitong malah hujan. Jangan pundung. Itu adalah kesempatan dpt pelangi.
7 . Type of #LP: (1) Representational. Snapshot, apa adanya.
8 . (2) Impressionistic. Pake filter, slow speed sungai, sunrise, yg mata kita ga melihat gambar itu di alam nyata.
9 . (3) Abstract. Kalau pake lensa tele. Wujud object ga terlihat secara utuh. Ga bisa melihat apa sebenarnya.
10 . Equipment: lenses. Apapun jenis lensanya.
11 . CPL Filter bisa diset pada 2 moda: passing mode & blocking mode. Passing mode jadi pale, blocking mode jadi darken.
12 . CPL Filter berguna jika matahari ada di samping, bukan di depan or blkg. Sunset or sunrise ga usah pake CPL Filter
13 . CPL. Passing mode, posisi matahari tegak lurus thd arah lensa: max polarized. Blocking mode kebalikannya.
14 . CPL lens merek Hoya ada titik bantunya. Kalo punya gw, Kenko ga ada titiknya, bisa dititikin aja manual. Baiklah gw tandain…
15 . Fungsi CPL Filter: darken or lighten skies, tembus air or jadi mantul, dan men-saturasi warna.
16 . Diafragma #LP biasanya F8 & F11.
17 . Yg dlakukan stlh tiba di lokasi: observasi. Untuk mdapatkan gambar bagus cari2: komposisi, framing, long exposure (air), lo/hi angle (goto extreme), moment (aktvts brulang)
18 . Composition: rule of third, cross composition, leading line. Kalo cahaya jelek, komposisi mmbantu mperindah gambar.
19 . Tips panoramic landscape #PL: buat selevel mungkin, kamera vertikal, manual setting, kunci exposure & fokus, overlap 20-30%,…
20 . … Jangan pake lensa ultra wide, jangan set WB ke auto, rencanakan & konsisten: arah kanan ke kiri. #PL
21 . Nodal pont biar ga berubah di #PL 180•, posisi kita harus bergeser mbentuk setgh lingkaran.
Waktu pengambilan #PL jangan lebih dr 5 menit karena awan bisa bergeser
22 . Pembagian warna: infra red – visible light – ultra violate. Semakin IR, jadi semakin monochrome.
23 . What Next? Latihan, memvisualisasi foto yg akan kita buat, sering liat foto bagus, CETAK yg terbaik.

Ini adalah sesi tanya jawab:

1 . Focal point vis-à-vis point of interest. FP adlh object yg petama kali dilihat, entry point. Biasanya FP mengarahkan mata ke objek POI.
2 . Lensa paling tajam di F8 sd F11.
3 . www.dofmaster.com berguna untuk menghitung hyper focal distance. Jarak tdekat objek itu fokus. Jarak stgh HFD s/d HFD adlh accaptable distnc
4 . Kalo titik fokus or near limit di HFD maka far limitnya bakal sampai dg infinity or horizon.
5 . Photo arsitektur: sangat memperhatikan kelurusan garis2 vertikal, perhatikan titik horizon.
6 . Sunset sunrise pake CPL misalnya karena ingin mengaplikasikan refleksi pada air utk menguatkan objek.
7 . Usai sudah workshop photography bersama Pak Yadi. Dilanjut nanya2 tips hunting di imel…😀

Demikian rangkuman live tweet dari saya. Beberapa ada yang sudah direvisi dan dikasih tambahan, makasih pada para follower.

Untuk prakteknya, insya Allah bulan depan akan saya praktekan…😀 Iseng-iseng bolehlah mampir ke p-bog Busted by Kiss saya (iklan mode ON)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s