Ramadhan Bukan Bulan Biasa

Dia adalah bulan teristimewa dalam 12 bulan kalender Qomariyah. Entahlah kenapa Allah memilih bulan ini menjadi istimewa. Yang aku tahu, Allah menyediakan “prime time” untuk hambaNya (bukan “umat”Nya ya, “umat” itu pengikut Rasul): di waktu sahur, di antara adzan dan iqomah, di antara dua khutbah Jum’at, di pagi dan sore hari, di saat setelah sholat. Selain waktu, ada juga prime place seperti di tanah Haram. Nah bulan Ramadhan itu adalah prime month.

Karena dia adalah bulan teristimewa, banyak dari kita yang mengingat-ingat menjalani Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Dulu orang-orang tercinta menemani kita mengarungi bulan teristimewa ini, eh sekarang mereka sudah tiada. Sedih pastinya. Makanya, muncul budaya nyekar ke makam-makam orang tercinta untuk mendo’akan mereka agar mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Tweet seorang teman beberapa hari lalu berbunyi, kira-kira begini, “Ramadhan tahun ini berbeda, tidak ada Mamah”. Rasul tak mengajarkan nyekar sebelum bulan Ramadhan tapi Beliau juga ga pernah mengharamkan. Kerinduan yang luar biasa terhadap orang-orang tercinta melalui bulan teristimewa memanggil suara hati untuk mengunjungi makamnya.

Ramadhan bukan bulan biasa, dia adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh para hamba Allah. Lapar buat rakyat seperti kita sudah biasa. Mari kita jadikan Ramadhan kali ini luar biasa (kang cepot di-rewording).

Mari kita sucikan diri dari dosa terhadap sesama sebelum memasukinya. Maafkan bila ada salah-salah kata, khilaf, cemburu buta, yang bikin hatinya tersayat, tersinggung dan ga enak. Marhaban Ya Ramadhan.

6 thoughts on “Ramadhan Bukan Bulan Biasa

  1. Mohon maaf lahir dan bathin, mang…
    Semoga Ramadhan kali ini menjadikan kita lebih baik…

    Kerinduan akan ramadhan dan orang-orang tercinta ..semoga menjadikan kita lebih bersemangat untuk beribadah meraih ridho Allah SWT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s