Bikin Visa India

Trip ke dua di tahun ini adalah ke India. Rencananya mau visit dua kota aja: Delhi sama Agra. Sebelumnya, pengen ke Jaipur juga jadi trip Golden Triangle. Tapi karena waktunya mepet dan kekhawatiran delay tranportasinya, ke Jaipur ga dulu deh.

Setelah booking tiket pesawat dan reservasi Hotel di deket stasiun kereta di New Delhi, besoknya langsung bikin Visa ke India. Saya googling untuk mendapatkan pengalaman orang lain bikin visa India. Ditemukanlah syarat-syarat untuk bikin visa India:

1. Passport asli
2. Tiket penerbangan bulak-balik
3. Tiket reservasi hotel
4. Foto 4×6 latar putih 2 lembar
5. Print rekening 3 bulan terakhir (gapake minimal berapa tapi ya setidaknya ada dana cukup untuk trip)
6. Itinerary
7. Isi formulir (bisa didapetin di internet atau nanti di Kedubesnya)

Setelah lengkap semua, saya izin ke boss untuk bikin Visa jam sebelas lebih, padahal di kantor lagi hektik banget (maaf ya boss). Saya naek ojeg dari kantor ke Kedubes India di Kuningan. Tepatnya, ada di seberang pintu masuk Erasmus Huis. Kalau bawa motor, ada parkiran di deket gerbang Erasmus Huis. Nyampe sana jam 12 kurang seperempat. Masih dibolehin masuk buat ngurus visa, karena tutupnya jam 12.

Di dalem ruangannya ada tiga meja macem teller di Bank aja. Setelah mencet tombol mesin antrian saya menunggu dipanggil. Ternyata dapet nomor 50, urutan terakhir *wew. Setelah yang lain pada pulang, bagean saya lah yang dipanggil. Dicek dokumen cepet terus distaples. Saya kemudian ditanya mengenai nama referensi yang tinggal di India.

“Pak siapa XXX?”
“Oh dia adalah orang yang di tempatnya, saya bakal menginap”
“Kalau begitu minta surat sponsor dan fotokopi passport dia”
“Kenapa harus surat sponsor? Saya kan bukan buat kerja tapi liburan”
“Iya, harus. Ada ngga, pak?”
“Ga ada bu”

Kemudian dia tanya ke orang di meja sampingnya yang orang India, bisa diproses apa ngga.

“Pak kita terima dokumennya tapi ga bisa diproses sebelum surat sponsor dan fotokopi passportnya ada”

Saya diem aja. Terus dia ngobrol lagi sama temen yang disampingnya.

“Pak, ini siapa ya?” dia sekali lagi memastikan
“Dia pemilik Hotelnya”
“O pemilik Hotel. Tapi tadi saya ga liat ada dokumen reservasi hotel, tiket pesawat semua”
“Ada kok bu, silakan dicek lagi deh”

Dia buka-buka lagi dokumen yang lagi dia pegang, kemudian menemukan tiket reservasi hotel. Fyuh capcus deh bu, diceknya ngasal sih.

Tip:

Di formulir harus ditulis nama dan alamat referensi satu orang di Indonesia dan satu lagi di India. Yang di India, pake aja nama pemilik hotel terus di alamatnya cantumin juga nama hotelnya. Saay ditanya-tanya soalnya langsung nulis alamat ga pake nama hotelnya.

Visa India
Visa India

Setelah bayar Rp492 rebu, saya diminta ngambil Visa besok sore jam 4. Besoknya kembali lagi ke sana, izin lagi sama si boss. Dapet deh Visa India nya. Alhamdulillaah. Pulang lagi ke kantor, boss lagi ngomel2 hahaha… kerjaan belum selesai. Pegawai error! Hahaha…. Overtime deh sampe malam.

16 thoughts on “Bikin Visa India

  1. Ga perlu, cukup yang saya sebutkan di atas. Uang di rekening kalau saya sekitar Rp15jutaan lah. Tapi ternyata ga diliat. Waktu saya bikin, si petugasnya buka-buka dokumennya cepet ga liat angkanya berapa. Sampai dia ga ngeh di situ udah ada dokumen reservasi hotel.

  2. Mas, sy da niat mo ke india ni. Bisa tanya2 Ğǟк ч̵̵ɑ̤̥̈̊ masalah bikin visa nya? Email saya ч̵̵ɑ̤̥̈̊.

    Niken

  3. Bertele-tele gt ga kerjanya? Or kyk berusaha mencari” kesalahan? Ada kemungkinan di tolak ga sey? ‎​Нёнё☺☺нёнё☺☺

  4. mas,manut cerita diatas sptnya kesimpulannya jd gakperlu sponsor ya..kitanya diem aja gitu..?kita blg cuma liburan gitu???

  5. Ini kalo bikinnya diwakilkan ke orang lain gitu bisa nggak yah?
    Soalnya posisi lagi gak di daerah Jakarta
    Terus pake acara wawancara gak?

    1. ga tau visa diwakilkan atau ngga, ngga ada wawancara sih. tapi coba cek visa on arrival apakah ada di bandara tujuan. Di bandara Indira Ghandi sudah ada (tp cek lagi takutnya skrg udah ngga)

  6. kak mau nanya dong, kalo tiket pesawat nya hanya bookingan dlu, kira2 bisa di proses gak ya?
    sekalian kira2 kalo ke New Delhi kisran harga pesawat nya berapaan ya kak? *kalo ada info sih ehhe

    1. Itu dicek. Normal kalau bikin Visa sih harus ada tiket pesawat.
      Kalau soal tiket ke sana. Bisa dicek di website airlinesnya. Beda-beda harganya. Harga bagus kalau lagi ada promo. Sering kok promonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s