Merdeka!?

Ngomong-ngomong tentang agama, saya jadi bertanya-tanya, kenapa pemerintah kita cuma mengakui 6 agama saja? Dan yang menarik adalah ke-enam agama ini adalah agama import. Islam, Kristen, Katolik dari daerah Timur Tengah. Adapun Hindu dan Budha dari daerah India. Sedangkan Konghucu dari China dong. Yep ke enam agama ini disebut AGAMA.

Sebelum ke enam agama ini masuk ke nusantara, penduduk lokal, which mean, nenek moyang kita juga, telah menganut agama lain. Fitrah manusia ya begitu. Namun lucunya, ajaran mereka tidak diakui sebagai AGAMA tapi malah disebut KEPERCAYAAN, BUDAYA, ANIMISME dan DINAMISME, padahal ada ajaran di antara mereka yang meyakini Keesaan Tuhan seperti Sila Pertama Pancasila.

Entah sejak kapan (males Googling) negara ini hanya mengakui 5 agama saja. Yang saya tahu, Gus Dur waktu itu adalah orang yang membebaskan diskriminasi pada kaum Tionghoa dengan membolehkan kembali merayakan kebudayaan2 mereka, juga mengakui kembali agama Konghucu sehingga menjadi 6 agama.

Di penghujung tahun 2008, saya bersama komunitas ibackpackersclub mengunjungi derah di Kuningan, Desa Cigugur untuk menyaksikan acara Serentaun, ucap sukur atas panen. Ucap syukur ini dilakukan oleh penduduk lokal yang kebanyakan beragama Islam, Katolik dan Protestan (?). Di acara itu, selain penduduk lokal, datang juga penduduk2 dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka sharing bagaimana memperjuangkan agama lokal mereka diauki di negera ini. Dan mereka berterima kasih terhadap Gus Dur.

Lucu yah, agama lokal ga diakui sementara agama import dijunjung tinggi. Rakyat kita masih ga merdeka dalam memeluk agama yang mereka YAKINI benar dan harus menjadi salah satu dari enam agama import ini agar diakui dan dicatatkan nama AGAMA di KTP-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s