What will you be in the next decade?

Seorang teman kantor jatuh cinta sama stasiun tipi BBC Knowledge. Hampir setiap hari dia cerita apa yang telah ditontonnya kemaren. Beberapa malam lalu, saya sempetin nonton itu stasiun tipi. Waktu itu ngebahas NASA. Amerika ingin mengejar ketertinggalan teknologi luar angkasa dari USSR.

Pendek kata begini ceritanya. USSR adalah negara pertama yang mengorbitkan objek di atas bumi. US ga mau kalah, dimulailah riset luar angkasa dengan bikin NASA. Obsesinya adalah pengen mengorbitkan manusia pertama. Karena kekhawatiran dokter, jadi simpanse lah yang mengorbit duluan. Ternyata sukses. Tiba lah manusia US. Ga disangka, USSR ternyata malah nyerobot, berhasil mengorbitkan Yuri Gagarin sebagai manusia pertama mengorbit di atas bumi. Gagallah obsesi AS. Selanjutnya, NASA berobsesi untuk mengeluarkan manusia di luar angkasa. Eh ternyata keduluan lagi sama USSR. LOL. Malah, USSR berhasil mengorbitkan dua pesawat luar angkasa dalam jarak dekat. US berambisi hal yang sama tapi dengan jarak yang lebih dekat lagi, bertemu. Berhasillah misi NASA.

Yang membuat menarik dari persaingan teknologi pada perang dingin ini adalah pidatonya JFK.

Dalam satu dekade ke depan, US akan mendaratkan manusia pertama di bulan. Bukan karena gampang tapi karena sulit!

Mendengar pidato JFK, saya jadi teringat seorang alumni Statistika IPB yang sudah jadi Doktor Ekonomi di US, namanya Elwin Tobing. Dia berkunjung ke kantorku, bertemu dengan para analis (Economist, Fixed Income Analyst dan Equity Analyst) untuk berdiskusi mengenai Ekonomi Indonesia dalam Jangka Panjang. Dalam pertemuan itu dia bercerita satu hal yang terus saya ingat.

Saya pernah berkunjung ke sebuah kantor penyimpanan dokumen di bilangan Tanah Abang. Sepuluh tahun kemudian, saya kembali ke kantor itu. Saya terkejut, tak ada perubahan sama sekali di kantor itu. Bayangkan SEPULUH TAHUN tanpa perubahan. Pasti ada yang salah! Normalnya, sepuluh tahun itu udah berubah, dokumennya jadi dalam bentuk elektronik misalnya.

Weekend kemaren, di mana pada weekdaysnya saya mengalami stress, saya menikmatinya dengan berekreasi. Pergi ke Book Fair, ke Garuda Indonesia Travel Fair, Furniture Fair, ke Perpustakaan, ketemu adik, hang out sama temen dari warung kopi ke warung kopi sampai hampir tengah malam. Serangkaian kejadian di weekend itu mengantarkan sebuah ide ketika saya mandi tadi pagi. Well, saya pernah bilang kalau ruang penuh ide buat saya adalah kamar mandi.

Selesai mandi saya memiliki pertanyaan buat diri saya:

What will you be in the next decade?

Saya tau pengen menjadi apa tapi ga pernah menggambarkan peta menuju impian itu. Mulai saat ini, saya akan petakan apa kemauan saya dan cara-cara untuk menempuhnya. Meniru JFK, saya akan menargetkan dulu jangka waktu satu dekade. Saya melakukan ini bukan karena mudah tapi karena sulit. Tadi ke kantor bawa bukunya Mas Jamil yang Tuhan inilah proposal hidup saya, sebagai inspirasi. Selain merencakan Plan A, harus dibikin juga Plan B dan Plan C.

“The most successful people are those who are good at plan B,” kata si James York di Bloomberg tanggal 8 Oktober 2010.

Bismillah. Wish me luck! Laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

11 thoughts on “What will you be in the next decade?

  1. Jadi pengin ikutan buat Proposal….

    Selama ini baru ngelist resolusi tiap tahun, mang…
    Kayaknya emang perlu buat planning untuk satu dekade ke depan, ya …?
    Biar lebih semangat dan termotivasi untuk bekerja lebih ‘giat…
    Amin…

    Semoga sukses buat mangkum…

  2. Menggambar peta??

    kayanya perlu di coba daripada hanya tergambar di kepala kadang bikin spanneng dan lupa…berarti harus hafa jalan juga. Kalau gitu harus memahami tujuannya…

    Thanks for sharing, very nice and inspiring😉

Leave a Reply

