Second Trip: Bali

Ini kali kedua saya trip di tahun ini. Ini juga kali kedua saya mengunjungi Bali. Ini juga kali kedua employee gathering kantor saya ke Bali. Artinya, dua kali ke Bali, dua-duanya dibayarin kantor😛

This slideshow requires JavaScript.

Kali ini kami tidak menginap di hotel sekitar Kuta tapi Nusa Dua yang jauh ke mana-mana. Flight saya dijadwalkan Jum’at pagi, karena sebelumnya sudah berencana sama temen-temen kantor untuk rafting pada hari itu. Makanya, orang-orang yang mau rafting minta ke panitia dapetin flight pagi jam 5:50.

Seperti biasa, kalau ngambil flight pagi, malamnya saya tidak tidur. Gimana mau tidur, kerjaan baru selesai jam 01 malam karena harus ping-pong sama percetakan untuk finalisasi research report salah satu perusahaan finansial yang akan Public Expose hari Seninnya. Eh lumayan sih tidur satu jam dari jam 2 sampe jam 3. Tiba di Ngurah Rai pagi langsung check in ke hotel di Grand Hyatt. Subhanallaah, keren banget kamar saya. Pemandangan di belakang kamarnya: danau plus ikan, macam-macam burung, tupai dan biawak. Pantai juga terlihat dari sana. Setelah itu langsung menuju ke sungai Talaga Waja untuk rafting.

Ini kali kedua saya rafting setelah rafting di Cicatih Sukabumi sama beberapa temen ibackers dan para ex-bukopiners. Kalau di Cicatih level jeramnya lumayan tinggi, di Talaga Waja, jeramnya lebih bersahabat. Namun, yang lebih hebat, Talaga Waja menawarkan pemandangan yang indah banget di samping air sungai yang bening. Banyak air terjun yang kami lewati ketika rafting. Pemandangannya juga hijau banget. Suka! Satu yang ga ada di Cicatih yakni bendungan. Di Talaga waja kami melewati dua bendungan. Di bendungan pertama, kami tidak melewatinya karena ada dua bendungan berdekatan. Bahaya! Namun di bendungan ke dua baru deh meluncur… Seru!!

Habis dari situ nongkrong ke Rock Bar di Ayana Hotel di bilangan Jimbaran. Bagus euy pemandagannya. Mestinya, kami ke sana pas sunset, tapi pas rafting kami mulainya lama banget, sore dari pagi or siang yang telah dijadwalkan. Ditambah dengan macet, kami baru nyampe sana malam. It would be great if we arrived there early. Cuman minum-minum doang di sana, padahal perut saya udah lapar.

Tiba tidak lama di pantai Jimbaran, kami makan seafood di sana. Karena kami telat, beberapa hidangan sudah dingin. Kalau panas pasti enak banget deh. Porsinya banyak banget… Murah lagi… Habis makan di situ, kami kembali ke hotel. Buat besok siang, saya dan beberapa temen sudah menyewa mobi Avanza untuk jalan-jalan.

Nyenyak tidur, pagi hari harus outing di pantai. Ga jelas acara outingnya. Kan yang seru kalau kita “bertanding”, ada musuh di hadapan kita. Eh ini mah pake times running. Ga seru. Ditambah lagi, guide kelompok kami kacau banget, seperti orang yang kebelet pengen BAB. Lagi seru-serunya nyusun puzzle, eh si guide bilang “ya udah ga apa-apa ga selesai juga, kita pindah ke tempat lain” Weh…! Tiba di tempat lain: balap karung. Eh karungnya belum ada. Pasti seneng tuh si guide. Bener deh. Daripada nungguin karung yang lagi OTW, dia milih lanjut ke tempat lain. WTH!

Namun, yang paling seru adalah bermain canoe di pantai. Ternyata, pantainya landai banget. 20 meter ke laut, cuman sepinggang. Dan ternyata, bermain canoe itu gampang dan menyenangkan. Pengen nyobain lagi. Teringat pas ke Phi-Phi Islands lebih tepatnya di Koh Poda, banyak bule yang kayaking. Kenapa saya ga nyoba ya waktu itu? Eh takut tenggelem deng😛 Habis canoe, saya maen volley pantai. Enakan maen volley pantai daripada volley darat. Saya bisa jatoh kanan kiri tanpa merasa sakit. hehehe…

Acara outing selesai jam 11-an. Setelah lunch, mobil sewaan sudah menunggu di lobby. Ga jelas mau ke mana, karena Nusa Dua jauh dari mana-mana, sementara waktu untuk jalan-jalannya hanya 6 jam. Diputuskanlah ke tempat wisata yang terdekat: Uluwatu. Uluwatu adalah garis pantai yang dibatasi sama tebing-tebing tinggi. Mangstab. Ada di iklannya Garuda Indonesia. Tapi ga tau siapa di sana ada yang ngebuka pintu neraka. Panas banget. Habis dari sana, rencananya pengen ke GWK sama Dreamland, tapi ga jadi. GWK cuman ada dua patung aja, dan beberapa rombongan udah ke sana kemaren. Sementara Dreamland adalah pantai. Ke pantai siang hari bolong sama dengan mendekati pintu neraka. Diputuskanlah ke Beach Road untuk belanja di Khrisna. Sorenya, kami balik lagi ke hotel untuk Gala Dinner.

Berbeda dengan Gala Dinner sebelumnya, kali ini, ada semacem pertunjukan kreativitas yang dinamain Danareka Mencari Bakat. Ga disangka kreatif banget ternyata orang-orang kantor saya🙂. Namun ada satu orang yang bikin saya terpingkal-pingkal. Ada Gayus. Yang memerankannya adalah orang paling lucu di kantor. Dia kadang dijuluki Tukul meskipun dirinya menganggap lebih mirip Bondan Winanrno. Kalo di saat kerja, seneng kalau jalan sama dia ke klien. Saya ga harus banyak ngomong, karena dia juga ngerti. Dia suka bantu jelasin untuk melengkapi atau menambal jawaban klien.

Habis Gala Dinner, kami jalan ke Kuta, buat ngopi-ngopi doang. Tapi gile, jalanan macet banget. Tiga jam, malam itu dihabiskan di dalam mobil. Rombongan yang lain ke bar gay. Halah dasar!! Pulang ke hotel langsung tidur nyenyak.

Paginya rencana saya ikut city tour ke Ubud seperti yang sudah dijadwalkan. Namun, maklum panitia bukan orang yang suka trip. Setelah nunggu lama, mereka maen batalin aja gitu dengan beralasan bahwa trip ke Ubud itu jauh dan macet, sehingga bisa mengakibatkan telat ke bandara. Yeeeeeehhh…. mikir gitu itu mestinya pas di Jakarta bukan pas di sini! Kalau tau ke Ubud ga jadi, kan saya bisa pake mobil sewaan ke sana daripada harus nungguin bis yang ga kunjung berangkat. Ya sudahlah, hari itu menikmati fasilitas hotel saja sebelum flight jam 5 sore ke Jakarta.