Demokrasi

Mendengarkan Negeri Sketsa di SMART FM tentang sisi jelek demokrasi jadi mikir emang demokrasi itu jelek sih😛. Tapi narasi di ujung Negeri Sketsa yang bilang bahwa demokrasi ga cuman sisi jelek ga mampu bikin saya melihat keuntungan demokrasi, khususnya di negari ini.

Demokrasi di Twitter

Kembali ke masa lalu, pas saya SMP atau SD, lupa, nonton pelm kartun Snoopy atau Peanuts di tipi. Di sana diceritakan bahwa mereka (anak-anak SD) melakukan camping. Mereka dibagi menjadi beberapa group. Satu grup menerapkan demokrasi untuk memutuskan SEMUA hal yang harus dilakukan. Memilih jalan kiri atau kanan pun diputuskan dengan voting. Member group yang cuma berlima atau berenam itu ga ngerti apapun untuk memutuskan, tapi dipaksa untuk ikut ngambil pemungutan suara… hehehe…

Namun demikian, ga sengaja jadi mikirin pelm Social Network, eh ternyata website yang menarik itu adalah website yang melibatkan para usernya untuk menentukan sesuatu. Si Mark misalnya, pas sebel sama pacarnya yang mutusin dia, langsung bikin website Who’s the hottest or something… Akibatnya, pihak Harvard memutuskan untuk memutuskan koneksi internet kampus tersebut karena servernya ga kuat menampung “antusiasme” para mahasiswa yang ikut memilih siapa cewek yg paling hot di antara dua cewek yg gambarnya muncul secara acak. Dalam arti luas, itu adalah demokrasi…

Hal yang sama juga di Facebook, orang bisa bikin cause dan facebookers bisa mendukung cause tersebut. Banyaklah hasilnya. Bentuk demokrasi di Twitter adalah Tweoples bisa menentukan apa 10 hal yang lagi nge-trend. Bukan pihak Twitter yang munculin 10 Trending Topics tapi itu adalah hal yang paling banyak ditweet oleh Tweople.

Melihat antusiasme orang-orang dengan demokrasi di dunia maya, sepertinya ke depan aplikasi atau website yang bakal bernilai miliaran adalah yang mengusung tema demokrasi. Saya kepikiran satu ide dan akan coba dimajukan ke iMulai3.0. Ga berharap untuk menang tapi ikut meramaikan pergelaran yang diusung Microsoft aja. Biar rame. Aplikasi yang bagus ga bakal ada kalau ga ada aplikasi yang jelek. Kalau kata mas Inu mah, yang penting itu ada karena ada yang ga penting. Sehingga, yang ga penting itu sebetulnya penting buat yang penting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s