Antioksidan

Akhir-akhir ini ada beberapa berita kematian di dunia pasar modal. Yang pertama dari investor terbesar, my company’s biggest client, salah satu pegawainya ada yang meninggal. Kemudian dari analyst di sebuah sekuritas asing di Jakarta, juga meninggal, padahal usianya masih belum tua. Adjie Massaid juga meninggal, karena serangan jantung. Mendengar kematian dengan serangan jantung, kolega terutama boss, jadi agak khawatir. Jarang berolah raga tapi ingin tetap sehat.

BBC Knowledge

Suatu malam, saya terbangun lalu melihat BBC Knowledge acara The Fact of Food (or something) yang sedang membahas tentang salah satu makanan antioksidan. Sebelum bercerita isi acara tersebut, mari kita liat arti antioksidan sendiri.

Anti berarti melawan. Oksidan adalah senyawa yang mencuri elektron dari senyawa lain. Ingat kan pelajaran Kimia SMA? Ada aksi reduksi dan oksidasi (redox). Contoh reaksi oksidasi adalah besi berkarat. Bisa juga disebut besi itu teroksidasi. Biasanya benda yang teroksidasi jadi rusak. Ada benda yang tidak teroksidasi? Ada banyak. Salah satunya adalah emas. Emas kalau di simpan di udara yang mengandung oksigen, dia tidak akan rusak, karena senyawa emas tidak bereaksi dengan oksigen. Emas tidak teroksidasi. Itulah salah satu alasan mengapa emas disebut logam mulia. Awet bo!

Senyawa di tubuh juga bisa teroksidasi. Elektron-elektronnya lepas. Pelakunya adalah oksidan, radikal bebas. “Radikal bebas yang beredar dalam tubuh berusaha untuk mencuri elektron yang ada pada molekul lain seperti DNA dan sel. Pencurian ini jika berhasil akan merusak sel dan DNA tersebut. Dapat dibayangkan jika radikal bebas banyak beredar maka akan banyak pula sel yang rusak. Sialnya, kerusakan yang ditimbulkan dapat menyebabkan sel tersebut menjadi tidak stabil yang berpotensi menyebabkan proses penuaan dan kanker. Beberapa penyakit degeneratif berhubungan erat dengan radikal bebas. Diantaranya, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, pikun, katarak, dan penurunan fungsi kognitif. Proses penuaan dini juga berhubungan dengan radikal bebas. Antioksidan dipercaya mampu untuk mencegah beberapa penyakit ini,’ kata blogdokter.

Nah antioksidan itu menyiapakan elektron yang bisa diserap oleh oksidan. Jadi si oksidan bisa dapet elektron tanpa mencurinya dari senyawa dalam tubuh. Suka liat ngga sih galian-galian kabel di pinggir jalan. Ada satu titik yang suka digali lagi dan digali lagi. Mereka itu lagi masang “antioksidan” yang bisa menyediakan elektron untuk dioksidasi agar kabelnya tidak teroksidasi. Kalau ga dikasih antioksidan, kabelnya bisa berkarat. Begitu loh…😛 Kalau untuk tubuh, antioksidan bisa didapatkan diantaranya dari makanan bervitamin A, C, E, Karotin dan Polipenol.

Nah di BBC Knowledge itu lagi ngebahas wine sebagai antioksidan. Wine terbuat dari fermentasi anggur. Dia mengandung karotin dari anggur dan polipenol dari alkohol. Di sana diteliti siapa di antar kedua zat ini yang sebenernya bisa jadi antioksidan: anggurnya kah atau alkoholnya? Ada yang disuruh minum bir dengan kadar alkohol yang tinggi, kemudian diukur apanya gitu dengan alat yang canggih dan berlayar sehingga keliatan langsung pengaruhnya. Ada yang disuruh minum jus anggur. Ada juga yang disuruh minum wine. Dari penelitian itu disimpulkan bahwa alkohol dalam kadar tertentu (tidak sampai mabuk) bisa jadi antioksidan yang baik. Anggur juga demikian. Sehingga, penelitian itu menyimpukan bahwa minum wine tiap hari satu gelas (entah berapa ml) disarankan agar tubuh mendapatkan antioksidan.

Namun, masalahnya untuk mendapatkan wine, perlu fermentasi anggur yang berhari-hari. Padahal buat orang Islam, Allah melarang minuman yang memabukan, seperti yang Allah bilang di lembaran surat-surat untuk hamba-Nya dalam al-Quran. Buat para pecinta Nabi Muhammad, beliau tidak pernah meminum anggur yang difermentasikan lebih dari dua hari. Beliau langsung membuangnya kalau lebih dari dua hari. Jadi buat mereka yang ingin meniru kekasih Allah ini, disarankan minum sparkling grape juice atau makan anggur atau minum jus anggur yang tersedia di toko-toko makanan macem Ranch Market atau Food Hall. Insya Allah sehat tapi diridoi, daripada sehat tapi ga diridoi Allah. Minum atau makan anggur bisa menghadirkan antioksidan buat tubuh. Tapi antioksidan bukan terdapat di anggur dan alkohol aja, banyak kok listnya.

Salam olahraga, *eh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s