ZTE MF30

Modem Wi-Fi ZTE MF30 ini di Indonesia dijual paket bersama Telkomsel Flash. Saya beli waktu itu di Amol di awal tahun 2011 sekitar Rp1 jutaan. Harga segitu sudah termasuk promo Telkomsel Flash. Ceritanya Telkomsel mengizinkan saya menggunakan layanan Flash-nya. Karena promo, maka komentar saya pasti ditunggu-tunggu sama pihak Telkomsel. Dan tau apa komentar saya? Telkomsel Flash mengecewakan karena koneksinya yang super lambat.

Kembali ke laptop!

Modem Wi-Fi ini keren dan sangat berguna. Saya percaya sama produk ZTE karena pernah beli modem 3G bermerk ZTE yang tahan banting. Kualitas produk (hardware) elektronik dari China ternyata kini sudah dapat diandalkan. Buktinya, hardware iPhone, telepon pintar paling keren, dibikin di China. Dibalik kegunaan modem Wi-Fi ini ternyata saya tidak begitu mengenalnya secara dekat. Baru tahu sedikit langsung digauli🙂. Nah, untuk itu, bagi para blogwalker yang belum atau malas baca buku manualnya, akan saya sarikan beberapa hal penting.

Password Default: 00000
Setelah beli langsung pasang kartu data, terus nyalain, maka benda ini akan menangkap signal 3G dan sekaligus memancarkan signal Wi-Fi. Gadget kamu baik itu iPhone, iPod Touch, Blackberry, Android Phones, iPad, Notebook, Netbook, Macbook atau apapun yang bisa menangkap signal Wi-Fi, nyalain lah Wi-Fi nya. Gadget kamu mestinya mendeteksi Wi-Fi bernama “MF30..something.. “. Konekin deh ke Wi Fi situ. Password defaultnya adalah 00000 (nol lima kali)

Alamat IP konfigurasi default modem: http:/192.168.0.1
Untuk konfigurasinya ketikan di browser gadget alamat di atas http://192.168.0.1

Login Default Konfigurasi: admin
Isikan admin di kotak username dan password

Hard Reset ZTE MF30 Wi-Fi Modem (Mi-Fi): kombinasi tombol power dan wps
Mi-Fi saya pernah error. Dan saya butuh me-reset factorynya. Kalau gadget lain caranya dengan mencolok lubang reset tapi kalau ZTE MF30 ga begitu. Cara meresetnya adalah dengan menekan tombol power dan WPS secara bersamaan ketika Mi-Fi nya sedang menyala. Setelah direset, Mi-Fi akan mati. Setelah kamu hidupkan kembali, maka Mi-Fi akan tereset seperti kondisi pertama kali Anda membeli.

Menyembunyikan Signal Wi-Fi: set SSID Visibility ke Disable
Mi-Fi ZTE MF30 ini bisa menyembunyikan signalnya. Ini untuk mengakali rekan kamu yang pengen menikmati internet secara gretong via pulsa kamu. Maklum lah masih banyak yang mengira kalau signal Wi-Fi itu gratis. Padahal kan kita yang bayar, iya ngga?. Caranya seting pemunculan signal SSID ke Disable atau Deactivate. Kalau gambar di bawah itu bagian yang Nombre de la emision de red (SSID).

Disable Tampilan Signal SSID (gambar dari http://www.evaluamos.com)

Memperpanjang Umur Baterai: beli baterai dengan mAh yang tinggi
Umur baterai asli ZTE MF30 sangat pendek karena cuma berkapasitas 900mAh. Kalau mau lama, beli baterai dari pihak ke-tiga yang berkapasitas tiga kali lipatnya: 3900mAh merek Mugen, harganya sekitar Rp900ribuan. Cari di interet aja ya… Dengan baterai ini, penggunaan Mi-Fi bisa jadi tiga kali lipat lebih lama dari baterai bawaan. Ukurannya juga jadi tiga kali lipat lebih tebal, seperti digelonggong.😛

Semoga berguna!


5 thoughts on “ZTE MF30

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s