#H-5: Punggung Merindukan Kasur

Setelah tidur dua jam, jadi agak cenghar dikit. Pintong ke dalam bandara LCCT nyari tempat duduk buat buka MangBook. Ga berani buka MangBook di luar bandara soalnya. Di sana, saya cari-cari data, bagaimana dari Tianjin Airport ke Beijing menggunakan CRH, ketemu blog seratusnegara. Karena kapok ketinggalan pesawat lagi, pas jam 5.20 langsung bangun, sholat Shubuh dan mandi. Habis itu langsung check-in. Habis check-in langsung ke imigrasi, langsung ke Gate. Belum ke China, suasananya sudah terasa. Banyak penumpang yang Chinese.

Pesawat take off tepat waktu. Seperti biasa, kalau AirAsia X biasanya banyak kursi kosong, karena pesawatnya gede. Saya dapet tiga kursi sendiri. Alhamdulillaah bisa bobo karena ngantuk banget semalem tidur 2 jam doang. Kerjaan di pesawat ya tidurrrr.. pas lapar makan, habis itu ngantuk, ya tidur lagi. Akhirnya dengan sangat menyebalkan, karena ga ada teman (secara solo traveling), nyampe juga tuh pesawat di Tianjin Airport. Pas mau keluar, ada masalah. Masalah imigrasi. Jadi penumpang belum boleh keluar pesawat. Ternyata “mamala”-nya ada di dua orang cewek yang entah kenapa dia disuruh keluar duluan. Setelah mereka keluar, kita juga bisa keluar.

Bagus bandaranya. Di imigrasi, dicap deh masuk China. Tapi pas di bagian scan “pet & hama” (or something), saya disuruh ke tempat pemeriksaan. “Ane ga bawa hama, Ngkoh!” Tas discan, ga ada apa2 . Tasnya dibedah, isinya dikeluarin, cuman tasnya doang yang discan, ga ada apa-apa juga. Mereka ga mau kalah, sendal saya sekarang yang discan, tak ada apa-apa juga. Alhamdulillaah, takutnya ada yang nyempilin sesuatu ke tas saya aja. Ternyata aman.

Keluar bandara, saya ikutin apa yang dilakukan pemilik blog seratusnegara. Keluar di EXIT 2, padahal untuk international passangers, keluarnya di EXIT 1. Ga ngaruh sih, cuman yang satu di kiri yang satu di kanan. Beda 20 meter doang. Yaudah, daripada kumaha onam, saya ikutin aja ke EXIT 2. Habis itu ikutin orang lain jalan kaki. Ada booth Bus Ticket. Tanya tiket bus ke Tianjin Railway Station, dia ga bisa bahasa Inggris, waduh parah, tapi dia ngerti kalau saya mau ke Tianjin Railway Station.

Duduk nyaman di bis selama sekitar setengah jam, menikmati kota Tianjin. Kotanya udah moderen. Jalur mobil di kanan. Banyak proyek pembangunan. Jakarta mah kalah. Malah jalan dari tempat parkit ke Tianjin Railway Station pun sedang direhab. Nyampe Statiun, discan barang bawaan. Orang Tianjin Beijing ga beda jauh sama orang Jakarta, rusuh, gamau ngantri, tapi keknya lebih gamau ngantrian orang Jakarta, sudah akut! Di sebelah kiri ada penjualan tiket, tapi karakter kanji semua. Gimana saya bisa baca? Jadi sepertinya untuk yang penumpang asing bukan di situ, mungkin ada booth khusus seperti di New Delhi Railway Station, ga campur sama domestik.

Orang-orang banyak langsung naik ke atas, saya ikut aja. Di atas ada mesin tiket. Saya nyari booth tiket yang jual bullet train CRH dari Tianjin ke Beijing South Station. Ternyata ga ada. Terus tanya ke information. Untungnya dia bisa bahasa Inggris. Saya juga nanyanya yang gampang, biar dia tinggal Yes or No aja.

“Is it the ticket machine for train to Beijing?”
“Yes”
“Xie xie…”

Ngantri sama orang-orang China di depan mesin itu. Ngintip-ngintip juga gimana cara kerjanya. Duh bahasa China. Bas giliran saya, untugnya ga ada yang ngantri di belakang saya, liat-liat tombol kali aja ada tombol merubah bahasa. Eh ternyata ada di pojok kiri bawah “ENGLISH”. Aha! Dipencetlah itu tombol. Scroll down untuk cari kursi kosong. Duh parah banget, masa kursi kosongnya jam 18.50? Ngajedog 3 jam deh di situ😦

Kalau 3 jam di mari, berarti emang harus Sholat Zhuhur dan Ashar di mari. Tengok ke toilet, ada tempat cuci tangan tapi ga sopan kalau buat cuci kaki. Tengok tempat be’ol, ternyata ada yang toilet jongkok. Nah bisa tuh kalau saya beli mineral water terus basuh kakinya di sana. Setelah beli, saya wudlu tinggal basuh kaki doang. Terus ngantri di tempat be’ol. Sambil nunggu, sambil liatin ruangan itu. Ada ceruk yang bikin saya penasaran. Didatangilah ceruk itu, eh ternyata bukan urinoir. Kayak urinoir tapi lebih pendek dan berkeran. Yah disitu aja cuci kakinya. Perfecto! Dari atas, saya turun lagi ke bawah. Soalnya di bawah sepi jadi bisa Sholat. Kalau di atas, duh rammmmeeeee benerrrrr sama orang-orang…!!! Setelah sholat jama qoshor saya naek lagi ke atas.

Perut lapar, saya liat-liat kedai makanan, duh karakter kanji semua. Jalan aja terus ke ujung seberangnya. Eh ada KFC & McD. Saya milih KFC karena Chicken. Jadi ya halal lah dagingnya kecuali nyembelihnya. Bismillaah aja pas makannya. Pas ngantri ada Nchi dari belakang minta apa gitu pake bahasa China. Duh dia nyerocos terus… Setelah berhenti baru saya bilang,

“I am sorry, I don’t speak Chinese”
“Oh” terus dia balik kanan, bukannya berusaha ngobrol pake English.

Ya sudah lah… saya pesen makan juga nunjuk di menu aja. This one, one. Gitu aja lah, yang penting maksud tercapai. Ga seperti dugaan saya. Di McD or KFC mungkin di Indonesia bisa bahasa Inggris, tapi di sini? duh!

Dapet makan, rasanya bahagia sekali. Hahaha… Cari tempat duduk di ruang tunggu. Buka bungkusan. Langsung aja disikat tuh french fries sama chicken wing. Burger sapinya nanti diembat setelah ini. Perut saya bergembira mendapatkan energi kentang goreng ini. Enak da lapar. Tiba-tiba datang pengemis bareng anak balita, minta-minta ke Nchi di samping kiri saya. Ga dia kasih. Wah kalau ke saya gimana nih? Mana sedang makan lagi. Paling ga enak kalau lagi makan, ada yang minta, terus nolak. Tapi malas banget ngeluarin dompet. Yasudah tu burger dikasih dia aja. Kaget juga ternyata di stasiun yang bagus dan besar seperti ini ada pengemis.

Lama menunggu, tapi seneng aja. Ternyata cewek-cewek sini cakep-cakep. Jauh sama Chinese Singapore mah. Kalau sama Chinese Indonesia, ya kalah dikit lah Chinese Indonesia :)). Ternyata juga, orang China jorok. Suka nyampah. Tapi bedanya sama di Indonesia, pegawai kebersihan sana cekatan. Ada kotor dikit, diambil, dilap. Jadinya, meskipun suka nyampah tetep bersih aja.

Tibalah giliran boarding buat saya. Uhuy! Daritadi bingung cara baca tiketnya. Mana nomor gerbongnya? Mana nomor tempat duduknya? Karakternya kanji sih. Yasudah yang penting keretanya bener. Masuk gerbong dulu aja, nanti tunjukkin tekatnya ke pegawai. Sippo! Tepat waktu. Tiga menit sebelum keberangkatan, pintu ditutup. Pas 18.50 kereta melaju. Mangstab nih kereta. Kecepatannya yang saya baca paling tingg mencapai 330 km/h. Nyampe Beijing kata orang-orang setengah jam, eh ternyata cuma 20 menit. Gile sejarak Jakarta-Bandung, cuma 20 menit.

Tiba di Beijing South Station, saya harus masuk  ke jaringan Subway. Arahnya nunjukkin ke mana, tiket subwaynya di mana. Jadi agak imprivisasi dikit: ngikutin banyak orang. Ternyata bener, mereka pada ngantri di konter tiket. Ada juga di mesin tiket. Saya ngantri aja di mesin tiket berharap ada tombol ENGLISH lagi seperti sebelumnya. Ternyata ada, alhamdulillaah. Masuk di situ, transfer dua kali, tibalah di stasiun subway deket Peking Yard Hostel. Jalan sebentar di tengah alley yang gelap, ketemu juga di hostel. Alamdulillaah, punggung bakal ketemu kasur.

Habis check-in, saya diantar ke kamar. Duh kebagian kasur atas di bunk-bed. Space-nya sempit banget. Tuh kan bener sempit, sampai kepada saya ngejedot langit-langit. Habis mandi, saya ke loby bawa MacBook buat nulis blog, nanya arah mata angin buat arah kiblat dan minta kasur lain. Dapet kasur lain tapi besok. Yasudah. OK tuh. Malas banget kalau tiga malam di kasur itu.

Sampai saat ini, si pungguh masih merindukan kasur.

Bugdet:
Makan di pesawat: MYR20
Bus Tianjin Airport ke Tianjin Railway Station: CNY10
Bullet CRH train dari Tianjin Railway Station ke Beijing South Station: CNY59
Air mineral: CNY30 (lupa)
Tiket subway: CNY2

*Fotonya kapan-kapanya….😛

2 thoughts on “#H-5: Punggung Merindukan Kasur

  1. Ayo terusin lagi ceritanya, seruu!!
    Sekalian sih kalau kalian bertiga semangat ngeblog, aku jadi ketularan semangat juga… hihihi… *ga mandiri banget*

Leave a Reply

