Membuat Hotspot dari Komputer

Ceritanya saya mau berhenti langganan IM2 karena akan mengadopsi rejim pengetatan keuangan. Sebagai gantinya saya pilih yang lebih murah yakni smartfren. Tapi sayangnya saya telat buat nutup bulan ini. Yang biasanya tiap tanggal 5 saya dapat jatah IM2 unlimited baru, ngga tau sejak kapan jadi tanggal 1 setiap bulannya. Walhasil nanti akhir bulan ini baru akan saya tutup. Sebagai gantinya saya menyiapkan perangkat yang murah meriah (dan incredibly very worth it) yakni Samsung Galaxy Y yang sudah Android Gingerbread. Jadi malah bulan ini membengkak biaya untuk internet yakni IM2 dan smartfren sendiri.

Setelah dipikir-pikir, daripada beli pulsa smartfren mendingan si SGY ini saya hanya gunakan jika ada WiFi seperti iPod. Nah, pertanyaannya, gimana caranya SGY bisa konek ke komputer yang sudah terhubung internet dan memanfaatkan IM2 itu untuk koneksi data via WiFi. Ternyata saya menemukan solusinya di MacBook saya yakni dengan memilih internet menjadi objek yang di-“sharing”

Kondisi MacBook sekarang sedang terkoneksi dengan internet menggunakan IM2 modem Huawei pinjeman via USB. Lalu ikuti cara-cara di bawah ini:

a
Untuk sharing internet, pergi ke "Apple > System Preference > Sharing".
Sorot Internet Sharing, pilih HUAWEI Mobile (sesuaikan dengan modem di MacBook Anda) di Share your connection from. Lalu pilih Airport di To computers using.
Sorot "Internet Sharing", pilih "HUAWEI Mobile" (sesuaikan dengan modem di MacBook Anda) di "Share your connection from". Lalu pilih "Airport" di "To computers using". Lalu klik tombol "AirPort Options..."
Isikan data seperti di gambar atas. Klik OK
Isikan data seperti di gambar atas. "Network Name" isikan terserah Anda. Untuk WEP 40-bit, passwordnya harus 5 karakter. Klik "OK"
Centang "AirPort" di "To computers using" agar statusnya jadi ON.
Dan terakhir, klik Start, Gan!
Dan terakhir, centang "Internet Sharing" di list service yang ingin di-share di kiri agar statusnya jadi ON juga, lalu klik "Start", Gan!

Habis setting di MacBook selesai, segera samber SGY, lalu scan WiFi. Konekin deh sama nama WiFi  tadi (Farid Abdurrahman’s MacBook). Selamat menikmati…🙂

One thought on “Membuat Hotspot dari Komputer

  1. Ha ha ha…. Si Emang nggak loyal nih. Gadgetnya campur2: BB dari RIM, SGY dari Samsung dan Mac Book dari Apple. Mantaps deh….سبحان الله. Aksara non latin ini yang Samsung belum bisa kali ye….

Leave a Reply

