Don’t miss me!

Ditinggalkan itu tidak enak. Tapi, apakah meninggalkan itu enak? Awalnya, mikirnya gitu, saya lebih baik meninggalkan daripada ditinggalkan. Nyatanya, tidak demikian, meninggalkan orang-orang yang dicintai itu sangat berat dan penuh emosi. *air mata gw udah numpuk di pelupuk

Danareksa bukan kantor pertama, tapi dia adalah tempat bekerja pertama saya. Gabung bulan Juli 2005 sebagai anak magang di tim Debt Research. Dan alhamdulillaah kepake dan jadi Statistician. Lalu jadi Quantitative Analyst dan berakhir menjadi Senior Analyst yang cover market dan credit analysis untuk Fixed Income Market Indonesia.

Memang saya tidak ngambil kuliah lagi padahal pengen banget sih. Tapi meskipun demikian, orang-orang Danareksa telah menjadi mentor saya. Di awal masuk, saya ngga bisa bedain obligasi, reksadana dan saham (hahaha…). Danareksa telah menjadi kampus saya.

Special thanks buat Pak Budi yang dengan sabar, ngajarin saya terutama credit analysis. Juga ngajarin bagaimana menulis artikel koran di Kompas dan The Jakarta Post. Ternyata, nulis di koran itu susahnya minta ampun dibandingan dengan nulis report. Well, ya karena kalau report udah ketahuan profile target pembacanya siapa, sementara koran, target pembacanya sangat beragam.

Untuk market analysis, saya lebih banyak belajar dari penginggalan mas Anto. Seperti menemukan harta karun di hardisk komputernya yang bisa dibangkitkan kembali untuk dihidupkan di market report. Ide-idenya bikin kagum dan sangat menginspirasi.

Boss saya yang terakhir juga jadi tempat belajar. The way he convincing his ideas is so awesome. Ga salah saya memilihnya jadi boss selain karena memang dia punya jaringan yang sangat luas dan pendidikan yang tinggi dengan berkuliah di NC State. Kuliah di NC State buat orang Statistika seperti saya bak berkuliah di syurga *lebay emang. Dan utamanya, he is the king of nyela!!!!!! Hahaha…

Buat epoy @evifidiasari juga terimakasih, telah menjadi teman diskusi hampir seluruh kerjaan. Menyelesaikan masalah kerjaan bersama. You’re incredible as a team member. Kekonyolannya pun ga terduga dan malah bikin saya ketawa dan coloring my whole day. Tapi dari semua itu, ga ada yang bisa ngalahin operation twistnya dia, meskipun Bernanke.. hahaha… Mungkin gw akan rindu di-twist… hiks…

Amirda @nolifeking88, skill di statistik dan juga market serta programming sangat kepake. You know what, mir? You are the only junior that have such an incredible speed of learning!!! Besides, you are very proactive to find solutions and or presentation materials. Salute! Oke, kita high five dan salaman di mari ya mir… 9gag-an jangan lupa!!! haha…

Eka, pertama kali diskusi sama Pak Budi untuk merekrut sekretaris yang bisa melayani kita semua. Namun akhirnya, diputuskan untuk merekrut production yang bisa jadi research assistant. Nyatanya, dia bisa semuanya. Beruntung deh Pak Budi dan kita semua ga salah pilih orang dan “celagenik” juga…. hahaha…

Tyas @ariningtyas, the youngest employee in Debt Research as well as Danareksa. Gaya muda yang segar telah menyegarkan kami kaum tua huahahahahahaha… Pertama kali ketemu, kagum sama gaya ngomongnya hahaha… Dan saya sama Yudis setuju untuk memboyong orang ini ke tim sampai ‘berperang’ dengan tim lain yang ingin merekrutnya. Dan ternyata, kami yang ‘menang’ dan ga salah!!! haha… Makciik!!!

Special thanks juga buat Martin. The fabulous editor that I ever had. Not only checking my English grammar (well, he is a british, after all), but also he checked all figures in my reports. Rock!!!

Selain mereka, rekan-rekan senior di divisi lain: Danareksa Research Institute, Investment Banking, Debt Capital Market, Equity Research, Operation, Investment Management, juga telah menjadi mentor saya. Ga pernah terpikirkan bisa meeting dengan boss-boss perusahaan besar emiten obligasi dan saham. Sekarang, hanya meeting dengan Direksi atau boss perusahaan-perusahaan emitan, saya bisa mendeteksi apakah ini perusahaan bener atau ngga. Dan itu telah terbukti!

Tidak hanya bekerja, Danareksa tempat saya menjalin persahabatan dan membentuk keluarga. Best friends forever! Memang awalnya saya menghindari bergaul dengan orang kantor karena takut ada konflik. Tapi high risk high return. Ternyata saya mendapatkan banyak gain daripada risk. Dan itu telah menjadikan saya seperti anggota dari keluarga Danareksa.

Tujuh tahun di sana, hampir mengenal seluruh pegawai kantor. Pamitannya pun dari pagi sampai malam seharian. Dipikirnya, bisa cepet, dua jam, tinggal salaman pamit dan dadaaah…! Eh ternyata, setiap ketemu orang, ngobrol lama. Bukan sekedar haha…hihi… Tapi emang, melepas itu berat. Dan pergi juga tidak ringan.

Bukannya di tempat baru itu akan membahagiakan, ya belum tentu. Saya pindah memang mengikuti cita-cita dan carrier path yang ingin saya tempuh. Setelah menjadi Analyst, saya memang bercita-cita menjadi Fund Manager. Itu bukan pekerjaan yang mudah. Bahkan saya harus keluar dari zona yang sangat nyaman. Selain itu, saya masih harus banyak belajar di dunia yang sangat baru. Di tempat baru juga belum tentu juga dapat tim yang enak dan boss yang baik. Dibandingkan dengan di Debt Research Danareksa, ya… saya menilai, akan sulit menemukan kembali tim yang seasyik Debt Research Danareksa. Bersyukur bisa bergabung dan menjadi bagian dari tim itu.

Ga akan terlupakan lah Danareksa di hati saya. Danareksa sudah menjadi bagian dari episode menyenangkan dari hidup saya. Yudis, Amir, Evi, Eka, Tyas, Maya, Aris, Pak Budi, dkk, I love you all guys… Kalau kalian tiba-tiba refleks ke meja saya untuk berdisuksi atau sekedar bercanda tapi menemukan meja kosong, atau kalian teriak manggil-manggil nama saya tapi ga ada yang nyahut, atau tanpa sadar pencet extention telepon saya untuk request atau ngobrol haha hihi tapi ga ada yang angkat, don’t miss me, please!

Sedihnya ga kalah sama pisah sama pacar… hiks… *buka kacamata usap air mata

Leave a Reply

